Desa Wisata Malasari | Lokasi, Rute Jalan, Objek Wisata, Fasilitas, dan Harga Tiket

Lokasi Desa Wisata Malasari

Lokasi Desa Wisata Malasari secara garis besarnya termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Salak, perkebunan teh Nirmala Agung, persawahan dan juga perkebunan masyarakat. Desa Wisata Malasari terletak di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bogor, Kecamatan Nanggung.

Lokasi Desa Wisata ini memberikan pesona alam yang sangat berbeda dengan lokasi wisata lainnya. Bagaimana tidak, Desa Wisata Malasari ini didukung oleh 3 karakter utamanya yaitu keberadaan hutan tropis yang masih alami yang di dalamnya dapat ditemukan berbagai macam flora dan fauna, kawasan pertanian yang menyajikan lanskap bertemakan alam, serta perilaku sosial masyarakat Desa Wisata Malasari yang sangat menjunjung tinggi kearifan lokal yang dimilikinya serta kearifan budaya leluhur jaman dulu.

Lokasi, Rute Jalan, Objek Wisata, Fasilitas, dan Harga Tiket Desa Wisata Malasari, Desa wisata ini  termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Salak.

Rute Jalan ke Desa Wisata Malasari

Lokasi Desa Wisata Malasari yang tidak jauh dari sisi utara wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak membuat lokasi ini sangat disayangkan jika tidak dikunjungi ketika berlibur di sana. Dari pusat Kota Bogor, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 120-180 menit untuk sampai ke lokasi. Akan tetapi, dalam keadaan tertentu seperti kemacetan lalu lintas akan membuat pengunjung lebih lama sampai di lokasi dari waktu rata-rata yang dibutuhkan. Untuk itu, pengunjung harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi terutama di perjalanan untuk mencapai lokasi ini.

Lokasi Desa Wisata Malasari yang notabenenya jauh dari kebisingan perkotaan membuat pengunjung akan menjumpai suasana keheningan di desa wisata ini. Lebih komplitnya lagi bahwa jaringan di daerah lokasi desa wisata ini lumayan sulit untuk di dapatkan sehingga kelihatan berbaur dengan alam. Ketika sampai di lokasi desa wisata, pengunjung akan melewati gerbang masuk kawasan desa wisata di mana pada gerbang tersebut terdapat kantor sekretariat yang sekaligus sebagai kantor informasi tentang Desa Wisata Malasari.

Kunjungi juga : Wisata Pantai Pandan Sibolga, Tapanuli Tengah

Objek Desa Wisata Malasari

Desa Wisata Malasari menyajikan berbagai aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Salah satu tempat favorit yang sangat disayang kan untuk dilewati adalah menikmati sunrise di kebun teh Nirmala. Kebun teh ini menyajikan view Gunung Salak yang sangat memukau. Kebun teh Nirmala merupakan salah satu kebun teh terluas yang terletak di kabupaten Bogor. Namun sayangnya, lokasi yang sulit dijangkau dan sulit ditempuh membuat kebun the ini sulit untuk didatangi oleh wisatawan.

Untuk menikmati sunrise di desa wisata ini tentunya pengunjung harus siap menginap satu malam pada penginapan yang terletak di sekitar kebun teh. Penginapan ini merupakan rumah milik warga setempat. Namun biasanya, tempat-tempat tersebut disewakan kepada pengunjung. Penginapan satu malam ini akan terbayarkan ketika melihat pemandangan sunrise yang indah di mana mataharinya muncul dari balik Gunung Salak dan perbukitan yang telah berderet di sana. Selanjutnya, pemandangan yang indah ini dipadukan dengan hamparan kebun teh yang menghijau membuat view di desa wisata ini memiliki pesona yang sangat sulit untuk dilupakan.

Lokasi, Rute Jalan, Objek Wisata, Fasilitas, dan Harga Tiket Desa Wisata Malasari, Desa wisata ini  termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Salak.

Selain menikmati keindahan sunrise, pengunjung juga dapat mencoba kegiatan canopy trail yang jarak tempuhnya sekitar 30 meter. Dengan mencoba kegiatan ini tentunya akan mendorong wujud adrenalin pengunjung. Bagaimana tidak, mencoba canopy trail berarti mencoba melewati jembatan gantung yang di kedua sisinya terdapat jurang dan lembah yang cukup menyeramkan bagi pengunjung yang pertama kali datang di desa wisata ini.

Tidak hanya itu, tradisi pertanian masyarakat Desa Wisata Malasari yang telah dilakukan secara turun temurun dengan berbagai aktivitas pendukung kegiatan bercocok tanam yang masih terjaga oleh hukum-hukum leluhur di pakaikan dengan apik pada keseharian penduduk Malasari. Salah satu daya dukung berkembangnya kepariwisataan di sektor budaya di desa wisata ini adalah kegiatan upacara yang dirayakan setiap tahunnya sehabis masa panen dan sebelum masa bercocok tanam.

Jika dikaitkan dengan sejarah peradaban, Desa Wisata Malasari adalah salah satu tempat yang cocok untuk dikunjungi. DI desa wisata ini pengunjung dapat melihat secara langsung tempat bersejarah yang dianggap penting dan telah menjadi simbol-simbol berartinya Malasari dalam sejarah peradaban manusia tempo dulu. Salah satunya adalah Pendopo Boepati 1947 yang menjadi cikal bakal Pemerintah Kabupaten Bogor dan beberapa benda peninggalan yang cukup tua, hal itu tentunya menjadi daya dukung warisan budaya masyarakat Malasari sehingga mampu membangkitkan kepariwisataan Desa Wisata Malasari.

Kunjungi juga : Wisata Sunrise Point Cukul di Pangalengan, Bandung

Pesona desa wisata lainnya di lokasi ini adalah pengunjung bisa juga menikmati terasering yang dinamakan 1001 Undak, bermain air di Curug Sawer, melakukan beberapa aktivitas di sungai Cikaniki, melihat proses budidaya jamur secara langsung, serta bersosial dengan warga Desa Wisata Malasari.

Lokasi, Rute Jalan, Objek Wisata, Fasilitas, dan Harga Tiket Desa Wisata Malasari, Desa wisata ini  termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Salak.

Fasilitas Desa Wisata Malasari

Fasilitas di Desa Wisata Malasari tentunya tidak terlalu komplit seperti beberapa wisata lainnya. Namun, fasilitas yang tersedia mencukupi beberapa kebutuhan pengunjung yang ingin berkunjung di lokasi desa wisata ini. Adapun fasilitas yang tersedia adalah penginapan berkonsep homestay khas pedesaan atau lebih tepatnya rumah warga yang disewakan, area perkemahan yang telah disediakan, tempat penjualan makanan yang ada di desa, pemandu wisata dan juga menyediakan penyewaan mobil pick up untuk menyusuri jalur berbatu. Tiket masuk di Desa Wisata Malasari dipatok setiap pengunjung berkisar Rp5.000 sampai Rp12.500.

close