Pengertian Kayu Menurut Para Ahli

Kayu adalah salah satu kebutuhan manusia yang pemanfaatannya telah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Dalam perkembangannya, kegunaan kayu semakin bervariasi seiring dengan perkembangan jaman dan target kebutuhan yang diperlukan. Kayu merupakan suatu bahan yang sumberya berasal dari berbagai jenis pohon yang tumbuh di hutan dan merupakan bagian dari pohon tersebut. Pemanfaatan kayu dengan tujuan kegunaan tertentu mulai dilakukan setelah adanya perhitungan bagian-bagian pohon yang pemanfaatannya lebih banyak, baik itu sebagai kayu bakar, kayu pertukangan, ataupun sebagai kayu industri.

Kayu dapat diartikan sebagai hasil hutan dari kekayaan alam yang digunakan sebagai bahan mentah yang memiliki kemudahan proses dalam kegiatan pembuatan menjadi suatu barang tertentu sejalan dengan kemajuan teknologi yag ada. Keuntungan yang lebih spesifik dari kayu ini adalah sifat-sifat yang dimilikinya yang tidak dapat ditiru dan dimiliki oleh berbagai macam bahan lain. Mengingat manfaat dari penggunaan kayu sangat berpengaruh secara sigifikan dalam kehidupan sehari-hari, maka perlu adanya pemahaman yang selaras megenai pengertian kayu menurut para ahli. Pengertian menurut para ahli ini pada dasarnya memiliki acuan yang bersifat ilmiah. Adapun dari pengertian tersebut sebagai berikut.

Pengertian Kayu Menurut Para Ahli adalah materi yang berasal dari perkembangan/pembelahan kambium yang terdiri atas berbagai tipe dan fungsi sel yang berbeda

1. Anisa (2012)

Kayu didefiniskan sebagai bagian dari batang, ranting serta cabang tumbuhan (pohon) yang bersifat keras karena terjadinya proses lignifikasi (pengayuan).

2. Dumanauw (1990)

Pengertian kayu adalah sebagai hasil hutan yag berasal dari kekayaan alam berupa bahan mentah dalam pembuatan barang yang mudah diproses untuk menjadi barang sesuai kemajuan teknologi. 

3. Haygreen & Bowyer (1993)

Kayu didefinisikan sebagai salah satu material yang tergolong ke dalam salah satu bahan yang digunakan sebagai bahan bangunan yang asalnya dari tumbuhan.

4. Janto (1972)

Kayu merupakan suatu bahan yang sangat penting sebagai bahan bangunan maupun perabotan rumah, karena kayu memiliki kemudahan dalam pengerjaan dan memiliki berat jenis yang lebih ringan dari bahan-bahan lainnya.

5. Kawet (2018)

Kayu adalah sumber kekayaan alam yang dapat diperbaharui dan menjadi sebagai bahan mentah yang mudah diproses menjadi barang yag lain seperti kertas, bahan sintetik dan tekstil.

6. Martono (2019)

Pengertian dari kayu adalah bahan baku yang digunaan dalam pembuatan produk ukir kayu tradisional.

Kunjungi juga : 3 Tahapan Pembuatan Rencana Pemanenan Kayu

7. Soerjanto (1974)

Pengertian kayu adalah suatu bahan yang digunakan sebagai struktur bangunan yang diperoleh dari berbagai macam tumbuhan (pepohonan) di alam.

8. Qafmar & Achmad (1996)

Kayu merupakan suatu bahan yag asalnya dari alam yang memiliki sifat heterogen (berbeda dalam satu jenis), baik dalam arti susunan komponen kayu maupun dalam arti sifat-sifat kayunya.

9. Sutarman (2016)

Kayu merupakan bahan yang terdiri dari berbagai sel sehingga strukturnya mampu memberikan berbagai macam sifat kayu berbagai macam ciri yang memiliki kunikan tersendiri.

10. Upessy (2016)

Pengertian kayu adalah seagai salah satu baha konstruksi yang diperoleh dari tumbuhan di alam dan merupakan bagian keras tumbuhan yang tergolong sebagai pohon.

11. Yunianti et al. (2020)

Kayu adalah materi yang berasal dari perkembangan/pembelahan kambium yang terdiri atas berbagai tipe dan fungsi sel yang berbeda-beda.

12. Zuhaida (2008)

Kayu didefinisikan sebagai bagian batang pokok yang keras yang biasa digunakan untuk bahan bangunan atau lainnya, artinya kayu merupakan suatu bahan yang diperoleh dari pemungutan pohon-pohon di hutan sebagai bagian dari suatu pohon.

Kunjungi juga : Ciri-Ciri Tumbuhan Berkayu

Pustaka:

Anisa, S. 2012. Perancangan Pusat Kerajinan Akar Kayu Jati di Bojonegoro: Tema Metafora Akar (Tangible). Tugas Akhir. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Dumanauw, J. F. 1990. Mengenal Kayu. Kanisius. Yogyakarta

Haygreen, J. G. & Bowyer, J. L. 1993. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu Suatu Pengantar. Terjemahan oleh Hadikusumo, S. A. & Prawirohotmodjo, S. Gajahmada University Press. Yogyakarta.

Janto, J. B. 1972. Pengetahuan Sifat-Sifat Kayu. Kanisius. Jakarta

Kawet, R. S. S. I. 2018. Konstruksi Bangunan. CV Budi Utama. Yogyakarta

Martono. 2019. Kriya Kayu Tradisional. UNY Press. Yogyakarta

Qafmar, A. & Achmad, T. A. 1996. Uji Kuat Lentur Balok Hetzer. Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta

Soerjanto, B. M. 1974. Pengantar Perkayuan. Kanisius. Yogyakarta.

Sutarman, I. W. 2016. Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu di Kota Denpasar (Studi Kasus pada CV Aditya). Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri 10 (1): 15-22

Upessy, E. K. 2016. Desain Jembatan Kayu dengan Menggunakan Kayu Merbau di Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat. Laporan Tugas Akhir. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta

Yunianti, A. D., Syahidah, Agussalim, & Suhasman. 2020. Buku Ajar Ilmu Kayu. Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin. Makassar

Zuhaida, M. 2008. Mengenal Jenis-Jenis Kayu di Indonesia. ALPRIN. Semarang