Wisata Pantai Pandan Sibolga, Tapanuli Tengah

Sumatera Utara memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan menarik. Anda bisa menikmati keindahan alam yang tiada duanya di negara lain. Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi adalah Pantai Pandan. Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan adalah pergi berlibur. Apalagi jika Anda bersama orang-orang terkasih seperti keluarga, teman dekat atau bahkan pasangan Anda.

Saat ini untuk tujuan wisata bernuanasa pantai dan bertemakan alam tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena negara dan kota Anda sudah memiliki banyak tempat wisata. Liburan kini sudah menjadi  kebutuhan dan kepenatan yang kita alami setiap hari membuat orang semakin memilih untuk mencari tempat untuk refreshing. Tempat refreshing yang tidak kalah menariknya dari obek wisata lain adalah Wisata Pantai Pandan Sibolga.

Wisata Pantai Pandan Sibolga merupakan objek wisata pantai yang sangat populer di Sibolga Tapanuli Tengah. Wisata ini menyuguhkan indahnya pasir putih

Lokasi Wisata Pantai Pandan Sibolga

Tinggal di Sumatera Utara tepatnya di Tapanuli Tengah Anda bisa menemukan berbagai macam wisata. Pantai Pandan merupakan salah satu wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Objek Wisata Pantai Pandan tepatnya berada di Sumatera Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah (Sibolga), Kecamatan Pandan, Desa Pandan. Keberadaan objek Wisata Pantai Pandan menjadi salah satu tempat wisata yang sangat populer di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk sampai di lokasi Wisata Pantai Pandan, pengunjung dapat menempuh dari berbagai jalur yakni melalui udara, laut dan juga dari pusat kota Sibolga itu sendiri. Penjelasan rute tempuh perjalanan menuju Wisata Pantau Pandan adalah sebagai berikut:

  • Melalui Udara, Setibanya di Bandara Kualanamu, lanjutkan ke Terminal Amplas dan naik bus ke Terminal Tarutung. Dari sana, ikuti rute berikut: Mayor Jenderal. D. I. Panjaitan–JI.Sumatera Barat Cross–Jl.Sudirman–Pantai Pandan
  • Melalui Laut: Setibanya di Pelabuhan Belawan, lanjutkan perjalanan ke Terminal Amplas dan naik bus ke Terminal Tarutung. Dari sana, ikuti rute berikut: Mayor Jenderal. D.I. Panjaitan–JI.Sumatera Barat Cross–Jl.Sudirman–Pantai Pandan
  • Dari pusat kota Overland Tapanuli Utara, jalur berikut harus diambil. Sibolga–Barus–JI. Ade Irma Suryani Nasution–Jl.Sutoyo Siswomiharjo–Pantai Pandan

Daya Tarik Objek Wisata Pantai Pandan Sibolga

Bali memang terkenal dengan banyak pantai yang indah dan menawan, namun jika Anda ingin bersantai bersama keluarga dan teman, cobalah mengunjungi pantai lain seperti Pantai Pandan. Begitu sampai di Pantai Pandan, Anda akan disambut oleh semilir angin laut. Suasana kota yang bising memberi jalan pada suasana pantai yang nyaman dan ramah.

Pantai yang membentang dari timur ke barat ini memiliki transparansi yang sangat baik. Pantainya berpasir putih dan  lembut, sehingga pengunjung bisa mengajak keluarga jalan-jalan atau bermain voli. Laut yang mengejar ombak juga bersinar indah. Ada juga banyak pohon peneduh dan gubuk peristirahatan di ujung pantai.

Kunjungi juga : Wisata Sunrise Point Cukul di Pangalengan, Bandung

Sore hari, menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset di pantai Pandan. Warnanya yang jingga kemerahan membuat pemandangan di sekitar pantai terlihat seperti lukisan. Pecinta wisata alam pasti akan dimanjakan dengan pilihan destinasi wisata  ini. Pengunjung tidak hanya dapat menikmati panorama, tetapi juga mengikuti berbagai kegiatan  menarik dan seru seperti snorkeling yang menyenangkan, permainan air pantai dan juga selancar.

Selanjutnya, datang ke pantai rasanya rugi jika tidak membawa kamera dan melewatkan berbagai momen seru yang terjadi selama liburan Anda. Pantai Pandan Sibolga memiliki banyak spot menarik, seperti batu karang yang tersebar luas di depan pantai sehingga membuat pemandangannya lebih eksotis yang dapat membuat pengambilan foto semakin menarik.

Apabila pengnjung ingin melihat pemandangan yang lebih bagus lagi, tunggu saja di waktu senja saat matahari mulai terbenam, dan langit jingga yang indah berpadu dengan birunya air laut akan membuat Anda terkagum-kagum. Anda juga dapat memotret orang yang mencoba berselancar. Pokoknya, mengunjungi objek Wisata Pantai Pandan akan sangat berkesan terhadap pengunjung bahkan ingin berlama lama di tempat itu.

Fasilitas Wisata Pantai Pandan Sibolga

Objek Wisata Pantai Pandan Sibolga dapat dikunjungi setiap harinya karena secara umum terbuka tanpa dipungut biaya masuk. Fasilitas objek wisata yang ada di  Pantai Pandan memang tidak begitu banyak dan lengkap, namun diantaranya adalah sebagai berikut:

Warung dan Restoran

Setelah menghabiskan berjam-jam di pantai, Anda pasti akan lapar. Jangan panik jika Anda kekurangan waktu atau lupa  menyiapkan perbekalan. Di sekitar pantai terdapat kios-kios yang dikelola oleh penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Paviliun

Deretan gazebo berdiri berdampingan, dan Anda bisa bersantai sambil memandangi laut yang jernih,  pasir putih yang indah, dan  langit biru.

Tempat Parkir

Jika Anda membawa kendaraan sendiri, baik itu mobil atau motor, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir yang cukup luas dan luas.

Tempat Penginapan/Hotel

Di sekitar area pantai, mereka yang membutuhkan akomodasi tempat penginapan/hotel dapat menemukan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan mereka.

Toilet Umum

Salah satu fasilitas penting ini juga terletak di sini, jadi  tidak perlu mencari toilet di luar area pantai.

Kunjungi juga : Wisata Air Terjun Wera di Sulawesi Tengah

close