Makalah Tumbuhan Penghasil Resin (Dragon's Blood)

 I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Resin merupakan eksudat (getah) yang dikeluarkan oleh banyak jenis tumbuhan, terutama oleh jenis-jenis pohon runjung (konifer). Selain itu, resin ini juga dikenal dengan sebutan dragon’s blood. Getah ini biasanya membeku, lambat atau segera, dan membentuk massa yang keras, sedikit banyak, dan transparan. Resin dipergunakan terutama sebagai bahan pernis, perekat, pelapis makanan (agar mengkilat), bahan campuran dupa dan parfum, serta sebagai sumber bahan mentah bagi bahan-bahan organik olahan. Resin termasuk di dalam hasil hutan bukan kayu yang diantaranya dapat ditemukan pada beberapa genus tumbuhan seperti Dracaena, Croton, dan Pterocarpus.

1.2 Tujuan Makalah

Tujuan dari kegiatan penyusunan makalah ini adalah supaya mahasiswa dapat memahami dan mengetahui gambaran umum, proses pengambilan, dan kegunaan dragon’s blood.

Makalah tumbuhan penghasil resin akan membahas tentang berbagai tumbuhan penghasil resin. Resin merupakan eksudat (getah) yang dikeluarkan oleh banyak jenis tumbuhan, terutama oleh jenis-jenis pohon runjung (konifer). Selain itu, resin ini juga dikenal dengan sebutan dragon’s blood. Getah ini biasanya membeku, lambat atau segera, dan membentuk massa yang keras, sedikit banyak, dan transparan. Resin dipergunakan terutama sebagai bahan pernis, perekat, pelapis makanan (agar mengkilat), bahan campuran dupa dan parfum, serta sebagai sumber bahan mentah bagi bahan-bahan organik olahan. Resin termasuk di dalam hasil hutan bukan kayu yang diantaranya dapat ditemukan pada beberapa genus tumbuhan seperti Dracaena, Croton, dan Pterocarpus.

II. TUMBUHAN PENGHASIL DRAGON’S BLOOD

2.1 Gambaran Umum Dragon’s Blood

2.1.1 Dracaena, Croton

Dracaena merupakan salah satu genus dari tumbuhan yang termasuk di dalam famili Dracaenaceae penghasil resin jernang (daragon’s blood) yakni resin yang berwarna merah (Waluyo et al., 2015). Tumbuhan dari genus ini memiliki ciri-ciri daun berwarna hijau dengan tepian berwarna merah, kuning, dan hijau. Tumbuhan ini dapat dibudidayakan dengan cara stek batang yakni dengan memotong bagian batang sepanjang 20 cm dan disemaikan pada media berpasir. Media tumbuhan dari genus ini memerlukan air yang cukup atau tidak boleh kekeringan. Jenis tumbuhan ini adalah asli Asia Tenggara dan Socotra, Kepulauan Canary, Madeira dan Maroko, Cina (Roskov et al. 2015).

Kunjungi juga : Pengertian Resin Menurut Para Ahli

Dracaena menghasilkan flavonoid 3–5 dan steroid 6–10. Flavonoid dari genus Dracaena dilaporkan menunjukkan antiestrogenik, 11,12 antioksidan, 11-13 aktivitas bakteriostatik 14, dan steroid dilaporkan dengan efek antiproliferatif 15-17 sebagai bagian dari pencarian yang sedang berlangsung untuk produk alami bioaktif baru dari Cina (Yingdong Zhu at al., 2007).

Dalam genus Croton, darah naga disekresikan oleh laticifers nonarticulated dan/atau sel parenkim nonspesifik (Rudall 1987; Farias et al. 2009). Bagian pertama lebih banyak di floem, sedangkan yang terakhir berlimpah di korteks. Liferifer kelimpahan bervariasi di Croton spp. dan ditentukan oleh usia tanaman, posisinya di pohon dan lingkungan. Secara umum, latisifer kurang melimpah di batang tua daripada di batang muda (Rudall, 1994); cabang memiliki kerapatan latisifer lebih besar daripada batang, dan pohon-pohon di hutan hujan tropis memiliki lebih latah daripada hutan tropis semi-gugur (Farias et al. 2009).

2.1.2 Pterocarpus

Pterocarpus adalah genus pantropis dari legum dalbergioid. Ini telah menjadi subyek dari beberapa perawatan taksonomi regional dan satu studi monografi oleh Rojo. Dalam penelitian itu, Rojo mengakui 20 spesies (23 taksa), tetapi Lewis memperkirakan jumlah ini sebagai 25-30 spesies, tidak mendukung sinonimisasi Rojo dari beberapa taksa di bawah spesies Amerika P. rohrii. Perkiraan terbaru adalah bahwa dari Klitgaard dan Lavin, di mana jumlah spesies diperkirakan sebagai 35-40. Pusat utama keragaman Pterocarpus adalah tropis Afrika diikuti oleh Neotropics dan Indomalaya.

Beberapa spesies Pterocarpus dieksploitasi di seluruh jangkauan mereka sebagai kayu serta dalam pengobatan tradisional. Seperti negara Klitgaard dan Lavin, Indomalaya narra (P. indicus) mungkin adalah salah satu legum kayu yang paling penting secara global, dan beberapa spesies Afrika adalah pohon kayu yang sangat penting yang dikenal sebagai paduak. Genus ini digunakan secara medis di berbagai jangkauannya untuk berbagai kondisi. Spesies Pterocarpus telah menerima banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir dalam studi eksperimental yang telah memberikan bukti untuk bioaktivitas mereka.

Sebagian karena penggunaannya yang ekstensif, tiga spesies (P. indicus, P. santalinus, P. marsupium) terdaftar di bawah daftar spesies terancam IUCN Merah dan P. santalinus juga termasuk dalam CITES Annex II. Karena berbagai penggunaan etnomedicinal yang terdokumentasi untuk spesies Pterocarpus, bukti bioaktifitas untuk beberapa dari mereka, status kritis untuk beberapa spesies sangat dipengaruhi oleh penggunaan dan distribusi genus di tiga wilayah (Neotropics, tropis Afrika dan Indomalaya), itu adalah kelompok model yang ideal untuk mengembangkan pendekatan untuk mempelajari pola filogenetik dalam sifat obat (Haris et al., 2011).

Kunjungi juga : Jenis-Jenis Pohon Penghasil Resin

2.1.3 Dracaena cochinchinensis (Lour) S.C

D. cochinchinenesis secara eksklusif didistribusikan di Cina (Yunnan selatan dan provinsi Guangxi), Vietnam dan Laos, dan telah terdaftar sebagai tanaman nasional yang terancam punah sejak 1987. Tanaman ini umumnya ditemukan di tebing-tebing yang cerah di daerah batu gamping di pegunungan yang curam, biasanya pada ketinggian 1.300–1.700 m. Ahli botani memperkirakan hanya ada sekitar 200.000 tanaman yang hidup di alam liar, apalagi, sumber daya liar D. cochinchinenesis menjadi semakin langka karena pengumpulan berlebihan (Jia-Yi Fan et al., 2014).

2.1.4 Dracaena cambodiana Pierre ex Gagnep

Dracaena cambodiana Pierre ex Gagnep memiliki tinggi 2–3 m. Daunnya paku ramping memancar dari sumbu pusat dengan sebuah antena yang berkembang. Buahnya berwarna merah dan bulat dengan satu biji. Dracaena cambodiana Pierre ex Gagnep dibudidayakan terutama di dalam ruangan yang daunnya dikelompokkan dalam bundel; staples daun dewasa digunakan untuk menenun tempat tidur yang digantung. Ditemukan di hutan lebat, terutama di daerah pegunungan Kamboja, di gunung Bokor, di bebatuan kalsif di provinsi Kampot (Rasadah at al., 2010).

2.2 Proses Pengambilan Dragon’s Blood

2.2.1 Dracaena, Croton

Dragon’s Blood pada Dracaena dan Croton bisa diperoleh dengan melakukan teknik penyadapan pada bagian batang dari spesies pohon tersebut (Pearson dan Prendergast, 2001).

2.2.2 Pterocarpus

Seperti halnya pada jenis Dracaena, Dragon’s Blood pada pterocarpus juga diperoleh dengan melakukan teknik penyadapan pada bagian batang dari spesies pohon tersebut (Pearson dan Prendergast 2001).

2.2.3 Dracaena cochinchinensis (Lour) S.C

Dragon’s Blood pada Dracaena cochinchinensis (Lour.) S.C. diperoleh dengan menginduksi jamur seperti Fusarium proliferatum di batang pohon dan meninggalkan jenis bagian-bagian tersebut. Oleh karena itu, organ tumbuhan yang terinfeksi akan menghasilkan resin darah naga (Fan et al. 2008; Wang et al., 2010; Ou et al. 2013).

2.2.4 Dracaena cambodiana Pierre ex Gagnep

Dragon’s Blood pada Dracaena cambodiana Pierre ex Gagnep juga diperoleh dengan menginduksi jamur seperti Fusarium proliferatum di batang pohon dan meninggalkan jenis bagian-bagian tersebut. Oleh karena itu, organ tumbuhan yang terinfeksi akan menghasilkan resin darah naga (Fan et al., 2008; Wang et al., 2010; Ou et al., 2013).

Kunjungi juga : Pengertian Oleoresin Menurut Ahli

2.3 Kegunaan

2.3.1 Dracaena, Croton

Dracaena dan Croton berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur yang telah dikenal sejak jaman dahulu (Gupta et al. 2008). Saat ini, sifat antioksidan dari ekstraknya digunakan oleh industri kosmetik dalam produksi krim kulit anti penuaan. Studi juga sedang dilakukan untuk memverifikasi sifat anti-kankernya (Rossi et al., 2003).

2.3.2 Pterocarpus

Informasi tentang penggunaan spesies Pterocarpus adalah disusun dari literatur penelitian yang luas dari 125 sumber, termasuk artikel yang dipublikasikan, basis data daring, dan kompendium lokal obat tradisional. Dari sumber tersebut diperoleh bahwa jenis pterocarpus digunakan untuk pengobatan seperti peredaran darah, gastrointestinal, genito-kemih/kesuburan, infeksi/demam, peradangan, musculo-skeletal, gugup, nyeri, pengobatan racun, pernapasan, sensorik, dan kulit (Haris et al., 2011).

2.3.3 Dracaena cochinchinensis (Lour) S.C

Fan et al. (2014) menjelaskan hasil reviewnya terhadap penelitian yang melaporkan manfaat farmakologis dragon blood dari spesies Dracaena cochinchinensis yang diantaranya memiliki aktivitas anti bakteri, anti spasmodic, anti inflammatory, analgesic, anti diabetic, anti tumor dan juga dapat meningkatkan fungsi immun, perbaikan kulit, menyetop pendarahan dan meningkatkan sirkulasi darah

Dracaena cochinchinensis (Lour.) S.C. juga dipercaya menjadi sumber asli dari darah naga dan telah banyak digunakan dalam obat tradisional Cina untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengobati perdarahan traumatik dan visceral (Jia-Yi Fan at al., 2014).

2.3.4 Dracaena cambodiana Pierre ex Gagnep

Dalam pengobatan tradisional Kamboja, batang dipotong, dimaserasi dalam alkohol dan digunakan sebagai pembersih darah untuk rematik dan nyeri sendi. Dosis yang dianjurkan adalah infus 8– 12 gram kulit kayu yang diambil tiga kali sehari (Pitsuwan, Suris. 2010).

Kunjungi juga : Pengertian, Sumber, Cara, Manfaat, dan Keuntungan Oleoresin

III. PENUTUP

3.1 Kesimpulan

  1. Genus Dracaena dan Pterocarpus saat ini memiliki persediaan yang kurang sebagai penghasil dragon’s blood karena penggunaan yang secra besar-besaran.
  2. Proses pengambilan dragon’s blood pada dracaena dan pterocarpus dilakukan dengan teknik penyadapan, seadngkan pada jenis dracaena cochinchinensis (Lour) S.C dan dracaena combadiana Pierre ex Gagnep dilakukan dengan teknik pemanfaatan jamur seperti Fusarium proliferatum.
  3. Keempat jenis penghasil dragon’s blood tersebut sangat lebih dominan pada pemanfaatan sebagai obat-obatan. 

3.2 Saran

Dengan mengetahui keadaan dan kegunaan penghasil dragon’s blood ini, diharapkan supaya dapat melakukan penelitian untuk mengetahui cara yang lebih efektif dalam melakukan pembudidayaan supaya tetap lestari dan terlepas dari kepunahan.

Pustaka:

Fan at al. 2014. A Systematic Review of the Botanical, Phytochemical and Pharmacological Profile of Dracaena cochinchinensis, a Plant Sources of the Ethnomedicine “Dragon Blood.” Molecules, 19, 10650–10669. https://doi.org/10.3390/molecules190710650

Fan LL, Tu PF, Xe JX, Chen HB, Cai SQ. Microscopical study of original plant of Chinese drug “dragon’s blood” Dracaena cochinchinensis and distribution and constituent detection of its resin. Zhongguo Zhong Yao Za Zhi. 2008; 33: 1112–1117.

Farias FR, Williamson JS, Rodriguez SV, Angeles G, Portugal VO. Bark anatomy in Croton dracovar. draco (Euphorbiaceae) Am J Bot. 2009; 96: 2155–2167. doi: 10.3732/ajb.0900035.

Jia Yin et al. 2014. A Systematic Review of the Botanical, Phytochemical and Pharmacological Profile of Dracaena cochinchinensis, a Plant Source of the Ethnomedicine “Dragon’s Blood” 10650-10669; doi:10.3390/molecules190710650

Ou L, Wang XH, Zhang Ch. Production and characterization of dragon’s blood from leaf blades of Dracaena cambodiana elicited by Fusarium proliferatum. Ind Crop Prod. 2013; 45: 230–235. doi: 10.1016/j.indcrop.2012.12.027.

Pearson J, Prendergast HDV. Daemonorops, Dracaena, and other dragon’s blood. Econ Bot. 2001; 55: 474–477. doi: 10.1007/BF02871711.

Pitsuwan, Suris. 2010. ASEAN Herbal and Medicinal Plants. Jakarta: ASEAN Secretariat

Roskov Y et al (2015) Species 2000 & ITIS Catalogue of Life, 23rd December 2015. Digital resource at http://www.catalogueoflife.org/col. Species 2000: Naturalis, Leiden, the Netherlands. ISSN 2405-8858

Rudall P. Laticifers in Euphorbiaceae—a conspectus. Bot J Linn Soc. 1987; 94: 143–163. doi: 10.1111/j.1095-8339.1987.tb01043.x.

Rudall P. Laticifers in Crotonoideae (Euphorbiaceae): homology and evolution. Ann Missouri Bot Gard. 1994; 81:270–282. doi: 10.2307/2992097.


Penyusun: Sefearifin Zega

close