Hutan Primer | Pengertian Menurut Ahli

Hutan primer merupakan kawasan hutan yang terbentuk secara alami dan tidak pernah terjamah oleh manusia dengan jenis vegetasi penyusun di dalamnya mengalami siklus tertutup. Pengertian dari hutan primer itu sendiri sudah banyak disampaikan oleh para peneliti dengan melihat kondisi di lapangan yang dituliskan dalam berbagai artikel ilmiah seperti jurnal, prosiding, skiripsi, tesis, disertasi, dan berbagai bentuk publikasi ilmiah lainnya. Secara jelasnya, pengertian hutan primer menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Pengertian hutan primer menurut para ahli adalah kawasan hutan alam yang keadaannya masih utuh dan belum pernah diganggu atau dieksploitasi manusia.

1. Forest Digest (2021)

Hutan Primer merupakan seluruh penampakan hutan yang belum menunjukkan adanya bekas tebangan atau ganngguan pada hutan.

2. Hidayat et al. (2018)

Pengertian dari hutan primer ialah kawasan hutan alam yang keadaannya masih utuh dan belum pernah diganggu atau dieksploitasi manusia.

3. Suhendang, E. (2018)

Pengertian dari hutan primer adalah kawsan hutan yang belum pernah mendapatkan gangguan manusia atau telah mendapat sedikit gangguan untuk keperluan berburu, berkumpul dan penebangan pohon secara individu (bukan tegakan), untuk mengambil buah atau kemenyan yang dampak kerusakannya tidak cukup berarti, sehingga hutan tersebut secara alami akan mampu kembali pada keadaan mula-mula dalam hal struktru, fungsi, dan dinamikanya.

Kunjungi juga : Mengenal Hutan Primer dan Hutan Sekunder

4. Susetyo (2021)

Hutan primer merupakan hutan yang telah mencapai umur lanjut dan ciri struktural tertentu yang sesuai dengan kematangannya dan mempunyai sifat-sifat ekologis yang unik. Umumnya, hutan primer dikenal juga dengan sebutan hutan perawan atau virgin forest.

5. Turubanova et al. (2018)

Hutan primer diartikan sebagai tutupan hutan tropis lembab alam yang belum sepenuhnya dibuka dan ditumbuhkan kembali dalam sejarahnya.

6. Winarto (2012)

Kamus rimbawan edisi revisi mencanatumkan pengertian hutan primer dari Badan Planologi Kehutanan tahun 2006 mengartikan hutan primer sebagai kawasan hutan yang belum dieksploitasi.

7. Winarto (2019)

Hutan primer diartikan sebagai areal berhutan yang ditumbuhi oleh spesies asli setempat, sebagian besar tidak tersentuh oleh kegiatan manusia dan proses ekologi di hutan tersebut tidak terganggu secara signifikan.

8. Zega Hutan (2021)

Pengertian hutan primer adalah kawasan hutan yang terbentuk secara alami dimana bagian dalam kawasannya belum pernah terjamah oleh manusia atau vegetasi di dalamnya belum pernah mengalami kerusakan atau penebangan yang disebabkan oleh manusia itu sendiri selama puluhan tahun bahkan ratusan tahun.

Kunjungi juga : Jenis-Jenis Hutan di Indonesia

Pustaka:

Forest Digest. 2021. Memahami Definisi Tutupan Hutan. Diakses melalui https://www.forestdigest.com/detail/1126/beda-hutan-primer-dan-hutan-sekunder pada 30 September 2021 pukul 19.27 WIB.

Hidayat, M., Rafiqah, M. N., & Mertavia, Y. 2018. Stratifikasi dan Model Arsiterktur Pohon di Kawasan Hutan Primer Pegunungan Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik. Hal 216-236

Suhendang, E. 2018. Pengantar Ilmu Kehutanan (Kehutanan Sebagai Ilmu Pengetahuan, Kegiatan, dan Bidang Pekerjaan). Edisi 2. IPB Press. Bogor

Susetyo, P. D. 2021. Seputar Hutan dan Kehutanan, Masalah dan Solusi. IPB Press. Bogor

Turubanova, S., Potapov, P. V., Tyukavina, A., & Hansen, M. C. 2018. Ongoing Primary Forest Loss in Brazil, Democratic Republic of the Congo, and Indonesia. Environmental Research Letters 13 (7): 1-15. DOI: https://doi.org/10.1088/1748-9326/aacd1c.

Winarto, B. 2012. Kamus Rimbawan Edisi Revisi. Pusat Humas Kementerian Kehutanan Bersama FORCLIME. Jakarta

_________. 2019. Kamus Kehutanan Cetakan Kedua. IPB Press. Bogor

Zega Hutan. 2021. Mengenal Hutan Primer dan Hutan Sekunder. Diakses melalui https://www.zegahutan.com/2021/09/mengenal-hutan-primer-dan-hutan-sekunder.html pada 30 September 2021 pukul 19.33 WIB