Lokasi Persebaran Hutan Wisata di Indonesia

Hutan merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia, salah satunya adalah hutan wisata yang kini mulai ramai dikunjungi. Hal ini dikarenakan berkunjung ke hutan bisa memberi sensasi dan juga pengalaman tersendiri.

Indonesia sendiri memiliki beberapa hutan wisata yang dapat Anda kunjungi untuk menghilangkan rasa stress dan jenuh akibat kesibukan dari kantor, seperti pemandangan yang cantik sering menjadi incaran untuk diabadikan.

Apa itu Hutan Wisata?

Hutan wisata merupakan salah satu jenis hutan yang berada di kawasan perhutani yang diperuntukkan secara khusus agar dibina dan dipelihara untuk kepentingan pariwisata dan juga berburu untuk dinikmati keindahan alamnya.

Lokasi Persebaran Hutan Wisata di Indonesia terletak di Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Magelang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung

Hutan wisata ini juga memiliki ciri khas tersendiri jika dibanding dengan hutan lainnya sehingga dapat digunakan untuk kepentingan rekreasi dan budaya.

Sedangkan menurut perhutanan hutan bisa digolongkan sebagai hutan wisata yang mana memiliki beberapa unsur, seperti memiliki sumber daya alam yang indah dan juga luar biasa, seperti pemandangan alam, fauna hingga flora.

Apa Saja Manfaat Hutan Wisata?

Hutan wisata ini tentu memiliki fungsi yang berbeda dari hutan yang lainnya. Hal ini dikarenakan hutan ini sudah diatur sedemikian rupa dan fungsi yang telah disesuaikan dengan jenisnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari hutan wisata.

1. Sebagai sarana penelitian dan juga pengembangan

Hutan wisata ini disediakan untuk sarana penelitian dan pengembangan dari teori-teori yang sudah diperoleh di kelas dan kemudian diaplikasikan di tempat yang semestinya. Sehingga hutan ini memiliki potensi yang luar biasa.

2. Sebagai sarana kegiatan yang menunjang budaya

Indonesia memiliki banyak sekali budaya yang dimiliki oleh setiap daerah. Banyak sekali upacara adat yang dilakukan dengan cara menyatu dengan alam. Selain itu hutan juga digunakan untuk menunjang kegiatan budaya nasional.

3. Sebagai tempat rekreasi dan wisata alam

Dengan mengunjungi hutan wisata sudah pasti Anda akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tersendiri. Selain itu dengan berkunjung di hutan bisa memperkenalkan anak0anak dengan alam yang ada di sekitar kita.

4. Sebagai sarana pendidikan atau edukasi

Selain dapat memberikan materi yang berhubungan dengan alam, hutan wisata ini juga sangat cocok digunakan sebagai tempat latihan dasar kepemimpinan, seperti teamwork, leadership dan juga hal lain yang diperlukan dalam organisasi.

Ciri-Ciri Hutan Wisata

Karakteristik yang dimiliki oleh hutan wisata ini tentu berbeda dengan karakteristik yang dimiliki oleh hutan lainnya. berikut adalah karakteristik yang dimiliki oleh hutan wisata.

  • Memiliki keindahan alam yang khas
  • Umumnya berfungsi untuk tempat perlindungan bagi binatang maupun tumbuh-tumbuhan yang langka, supaya keberadaannya tidak bisa dimusnahkan.
  • Hutan wisata ini dikhususkan, dibina, dan juga dipelihara untuk kepentingan pariwisata dan juga wisata yang baru.

Dimana Letak Hutan Wisata di Indonesia?

Setelah mengetahui pengertian, manfaat dan juga ciri yang dimiliki oleh hutan wisata, lalu dimana sebenarnya hutan wisata ini berada? Berikut adalah persebaran letak hutan wisata yang ada di Indonesia yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

  • Hutan wisata taman nasional Gunung Halimun yang berada di Jawa Barat
  • Hutan bakau Magepanda yang berada di Nusa Tenggara Timur
  • Hutan Pinus Kragilan yang berada di Magelang.
  • Hutan wisata taman Hutan Juanda yang berada di Hutan Dago Pakar.
  • Hutan wisata mangrove Pantai Indah kapuk yang berada di kawasan Jakarta
  • Hutan wisata pinus Mangunan yang berada di daerah Yogyakarta

Anda bisa mengunjungi hutan wisata yang terdekat dikota Anda untuk menambah wawasan dan juga pengalaman perihal lingkungan sekitar. Namun, pastikan untuk tidak merusak lingkungan dan tetap menjaga kebersihan.

close