Burung Kasuari | Klasifikasi, Ciri-Ciri dan Asal

Klasifikasi Burung Kasuari

Burung Kasuari merupakan salah satu dari dua genus burung yang berada di dalam suku Casuariidae. Genus tersebut terdiri dari tiga spesies kasuari yang memiliki ukuran yang sangat besar dan tidak dapat tebang.

Burung kasuari yang merupakan burung endemik berasal dari Papua, Papua Nugini dan juga Australia ini dikenal memiliki keunikan yang terdapat di lehernya, yaitu berwarna biru dan juga memiliki gelambir berwarna merah. Berdasarkan deskripsi dari Coates (1985), Burung Kasuari termasuk klasifikasi sebagai berikut:

Burung Kasuari termasuk dalam kelas Aves yang berasal dari Papua dan pulau di sekitarnya yang habitatnya pada hutan tropis. Ciri-Ciri Burung Kasuari

Kelas : Aves

Ordo : Sturthioniformes

Famili : Casuariidae

Genus : Casuarius

Spesies  : Casuarius casuarius Linneus (1758), Casuarius unappendiculatus Linneus (1758), Casuarius bennetti Linneus (1758)

Cir-Ciri Burung Kasuari

Burung kasuari ini mudah dikenali karena memiliki bentuk tubuh yang khas sehingga mudah untuk membedakanya. Berikut adalah ciri-ciri burung kasuari yang patut Anda ketahui.

  1. Memiliki kaki yang kokoh untuk berjalan dan berlari. Dengan menggunakan kakinya tersebut burung kasuari ini bisa berlari dengan kecepatan 50 km/jam.
  2. Burung Kasuari ini memiliki 3 jari kaki yang menghadap ke depan dengan kuku yang tajam.
  3. Memiliki tubuh yang berukuran besar dan juga leher yang panjang. Untuk Kasuari dewasa tingginya mencapai 2 meter dengan berat tubuh sekitar 60 kg. Meskipun rata-rata tinggi burung kasuari tersebut sekitar 1,5 hingga 1,8 meter.
  4. Burung ini juga memiliki tulang sayap yang kecil. Kasuari tidak bisa tebang karena ukuran tulang sayap dan badannya yang tidak seimbang. Sehingga oto ttebangnya juga tidak menempel pada tulang yang kokoh.
  5. Ciri burung kasuari yang terakhir adalah memiliki gelambir yang berwarna biru dan merah tua yang menggantung pada bagian lehernya. gelambir tersebut juga digunakan sebagai salah satunya bagian untuk mengidentifikasi spesies kasuari.

Dari Mana Burung Kasuari Berasal?

Burung Kasuari merupakan salah satu jenis burung khas Papua. Burung ini termasuk penghuni hutan soliter dan juga tidak mengalami berpindah-pindah. Biasanya menggunakan hutan di padang rumput, perkebunan buah yang berdekatan, dan juga hutan mangrove.

Kunjungi juga : Klasifikasi, Ciri-Ciri, Habitat dan Persebaran Burung Cendrawasih

Burung ini dikenal karena memiliki bulu yang indah dan juga kicaunya yang merdu. Namun, siapa sangka burung ini merupakan salah satu burung yang berbahaya. Hal ini diperkuat karena burung ini merupakan satu-satunya burung diketahui pernah membunuh manusia.

Apa yang Menyebabkan Kasuari Menjadi Langka?

Faktor utama yang mengakibatkan kepunahan burung kasuari tersebut tidak lain dikarenakan hilangnya habitat atau populasi atau tempat tinggalnya yang hilang. Hilangnya habitat kasuari ini tentu tidak lain adalah ulah tangan jahil manusia.

Oleh sebab itu Anda harus menjaga popularitas hewan tersebut secara hari-hati. selain itu hewan ini juga sangat diburu oleh manusia yang tidak bertanggung jawab karena keunikannya. Lalu, bagaimana melestarikan kasuari agar tidak punah?

1. Hindari Perburuan Liar

Perilaku perburuan liar tersebut tentu akan berdampak pada kepunahan hewan-hewan yang diburu. Hewan tersebut nantinya semakin lama jumlahnya akan berkurang dan populasinya juga akan semakin menipis.

2. Membiarkan Satwa Hidup di Alam Bebas

Cara melestarikan hewan yang selanjutnya adalah dengan menghentikan penurunan luas dan juga kualitas habitat hewan sehingga bisa mengurangi dampak penyempitan habitat satwa dan juga bisa membiarkan satwa berkembang.

Dengan demikian bisa menjadi salah satu upaya pemilihan populasi pada habitat yang masih tersisa. Selain itu masyarakat juga bisa turut andil dalam mengelola habitat  yang telah rusak atau yang rusak dengan cara melakukan vegetasi atau sejenisnya.

3. Hindari Eksploitasi Hewan

kasuari semakin langka disebabkan adanya tingkat eksploitasi yang tinggi. kegiatan ini digunakan untuk menggambar sebuah kegiatan dalam pemanfaatan untuk kepentingan pribadi. Dengan demikian Anda bisa meningkatkan eksploitasi hewan di Indonesia dengan tidak mengganggu perkembangan alami satwa.

Kunjungi juga : Klasifikasi, Ciri-Ciri dan Persebaran Orangutan

Burung kasuari merupakan salah satu burung yang memiliki keunikan tersendiri jika dibanding dengan burung lainnya. namun, meski demikian Anda patut berhati-hati ketika berdekatan karena burung kasuari termasuk burung paling berbahaya di dunia.

Pustaka:

Coates, B. J. 1985. The Birds of Papua New Guinea. Dove Publications Pty. Ltd. Alderley, Quesland.

close