Mengenal 9 Nilai Korsa Rimbawan

Nilai korsa adalah nilai dasar yang harus dipegang teguh oleh para rimbawan. Korsa merupakan singkatan dari komando satu rasa. Umumnya, nilai korsa ditanamkan mulai pada saat menjadi rimbawan pemula terutama pada siswa dan mahasiswa yang notabenenya dengan background kehutanan. Pemula ini dalam arti saat seseorang mulai menjadi rimbawan saat diterima di bangku sekolah atau bangku perkuliahan.

Siswa pada dasarnya diperkenalkan dengan nilai korsa pada saat dilakukan pengenalan sekolah. Sedangkan untuk mahasiswa itu sendiri, nilai korsa diperkenalkan pada Kegiatan Pengenalan dan Pengakraban Mahasiswa Sylva (KP2MS). Berikut 9 nilai korsa rimbawan adalah jujur, tanggung jawab, ikhlas, disiplin, visioner, adil, peduli, kerjasama, dan profesional.

Berikut 9 nilai korsa rimbawan adalah jujur, tanggung jawab, ikhlas, disiplin, visioner, adil, peduli, kerjasama, dan profesional.

1. Jujur

Nilai korsa rimbawan yang pertama adalah jujur. Jujur merupakan kata dasar yang sifatnya bermakna positif. Seorang rimbawan harus memiliki sikap yang jujur tanpa adanya kebohongan. Nilai ini umumnya mengarahkan pada sikap yang memiliki hati yang tulus dalam melaksaakan kewajiban atau tugas yang telah dipercayakan kepadanya. Dengan kata lain, sesorang yang diberikan suatu tugas atau diberikan wewenang tidak boleh menyalahgunakan wewenang tersebut.

2. Tanggung Jawab

Nilai korsa selanjutnya adalah tanggung jawab. Tanggung jawab merupakan suatu kemampuan sesorang untuk menyelesaikan suatu tugas atau pun pekerjaan dengan semaksimal dan sebaik mungkin. Tanggung jawab harus dimiliki oleh para rimbawan dan bertanggung jawab atas semua tindakan yang akan dilakukannya. Nilai ini perlu dimiliki oleh seorang rimbawan sejati.

3. Ikhlas

Ikhlas merupakan nilai korsa ketiga yang wajib dimiliki oleh seorang rimbawan. Sikap ikhlas ini diharuskan melakukan suatu kegiatan atau perbuatan yang khususnya memberikan dampak positif terhadap orang lain dan alam tanpa mengharapkan imbalan jasa atau balas budi. Perbuatan tersebut dilakukan secara sukarela dan menjalankan amanah dari Tuhan yang Maha Kuasa. 

4. Disiplin

Displin merupakan suatu sikap ketaatan atau patuh terhadap suatu aturan yang tengah berlaku di berbagai keadaan seperti di tengah-tengah kelompok, masyarakat, hukum dan norma berkebangsaan dan sebagainya. Sikap displin ini adalah cerminan dari perbuatan atau perilaku seseorang atau secara berkelompok yang dilakukan dalam keadaan sadar sehingga sikap ini harus melekat pada diri seorang rimbawan 

5. Visioner

Visioner merupakan nilai korsa kelima yang tentunya harus dimiliki dan dipahami oleh seorang rimbawan. Sikap ini memiliki kemampuan dalam berwawasan tinggi dan memandang lebih jauh dengan suatu target yang ingin dicapai. Seorang rimbawan yang visioner memiliki potensi dalam memunculkan atau mengembangkan berbagai macam ide yang akan digunakan untuk mcapai target demi kemajuan bersama. Secara ringkasnya, visioner ini dapat diartikan sebagai jalannya cita-cita. Untuk mencapai cita-cita itu sendiri perlu adanya penguasaan jalan dalam meraihnya.

6. Adil

Nila korsa ke 6 ini mengharapkan seorang rimbawan harus bersikap adil. Artinya, rimbawan harus berperilaku baik dan netral serta didasari pada rasa tidak sewenang-wenang. Proporsional yang harus dilakukan adalah sesuai dengan peraturan serta hukum yang berlaku.

7. Peduli

Peduli merupakan nilai korsa ketujuh yang harus dimiliki oleh seorang rimbawan. Peduli berarti seorang rimbawan harus memiliki sikap yang juga memperhatikan orang lain selain dirinya sendiri. Selain itu, sikap peduli juga perlu ditanmkan kepada rimbawan dalam memperhatikan lingkungan.

8. Kerjasama

Kerjasama merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang rimbawan dalam menyelesaikan suatu tugas secara bersama-sama dengan semua pihak yang terlibat sehingga tugas tersebut dapat selesai dan memberikan hasil guna yang sebesar-besarnya. Kerjasama adalah nilai korsa kedelapan dari seorang rimbawan.

9. Profesional

Nilai korsa yang harus dimiliki oleh seorang rimbawan selanjutnya adalah sikap profesional. Sikap ini mencerminkan seorang rimbawan yang memiliki kemampuan konseptual dalam melakukan suatu kegiatan. Selain itu, sikap profesionali soeronga rimbawan juga harus mampu menganalisis dan berkemampuan teknis dalam bekerja. Nilai profesional ini harus berorietasi terhadap kepuasan bersama yang mengedepankan semua keputusann dan tindakan yang dilakukan berdasarkan penilaian yang rasonalis dan etika profesi.