Bagian-Bagian Pohon dan Fungsinya

Pohon sebagai suatu kesatuan memiliki bagian-bagian yang penting. Bagian-bagian penting yang terdapat pada pohon tersebut menurut Dumanauw (1990) terdiri dari akar, batang, cabang, ranting, dan daun. Kelima bagian pohon tersebut merupakan bagian yang harus ada dan terdapat di dalam satu pohon. 

Pohon sebagai suatu kesatuan memiliki bagian-bagian yang penting. Bagian-bagian penting yang terdapat pada pohon tersebut menurut Dumanauw (1990) terdiri dari akar, batang, cabang, ranting, dan daun. Kelima bagian pohon tersebut merupakan bagian yang harus ada dan terdapat di dalam satu pohon.

1. Akar Pohon.
Akar pada pohon merupakan organ yang berperan sebagai penyerap air dan mineral (Hasnunidah, 2019). Akar pohon dikenal dengan sebutan radix dan terletak di bagian bawah batang serta secara umum berhubungan langsung dengan tanah. Menurut Hasnunidah (2019), struktur akar dapat dibedakan menjadi tujuh bgaian yakni leher akar (collum), ujung akar (apex radicis), batang akar (corpus radicis), cabang akar (radix lateralis), serabut akar (fibrilla radicalis), rambut akar (pilus radicalis), dan tudung akar (calyptra).

Akar secara umum memiliki dua sistem perakaran yakni akar serabut dan akar tunggang. Pada pohon biasanya lebih banyak memiliki akar tunggang dari pada akar serabut. Akar pada pohon berfungsi untuk menegakkan pohon pada tempat tumbuhnya, menyalurkan atau menghisap air, zat hara, dan garam serta mineral yang terdapat di dalam tanah yakni fosfor, kalsium, kalium, asam kersik, dan lain sebagainya untuk disalurkan ke daun dan diproses lebih lanjut. Selain itu, akar juga berfungsi sebagai media pernapasan pada pohon serta tempat peyimpanan makanan cadangan (Dumanauw, 1990).

2. Batang Pohon
Menurut Dumanauw (1990), batang merupakan bagian pohon yang dimulai dari pangkal akar sampa ke bagian bebas cabang. Batang pada pohon berfungsi sebagai tempat tumbuhnya cabang, ranting, tunas, serta daun. Selain itu, batang juga memiliki fungsi lain yakni sebagai alat lalu lintas bahan makanan yang berasal dari akar menuju ke daun melaui kulit dalam. Tempat penyimpanan makanan cadangan juga salah satu fungsi dari batang pohon.

Secara singkat, bagian batang pohon dapat diuraikan sebagai beerikut ini beserta fungsinya.
  • Bagia pangkal, yakni dapat digunakan sebagai bahan dasar pertukangan karena secara umum tidak memiliki mata kayu.
  • Bagian tengah dan ujung yakni bagian yang biasanya digunakan untuk industri kayu (pabrik kertas, papan buatan, dan lain-lain) dan umumnya juga pada bagian ini terdapat mata kayu.
  • Bagian percabangan yang dikhususkan untuk industri kayu.
  • Bagian cabang dan ranting dapat digunakan menjadi kayu bakar.

Menurut Mulyani (2006), secara umum batang memiliki beberapa ciri yaitu sebagai berikut:
  • Batang berbentuk silinder yakni panjang dan bulat dengan sifat aktinomorf (sejumlah bidang dapat dibagi menjadi dua bagian).
  • Terdiri atas ruas-ruas yang masing-masing dibatasi oleh buku-buku.
  • Pertumbuhan batang biasanya mengarah ke atas menuju cahaya matahair (bersifat fototrop atau heliotrop
  • Pada bagian ujungnya selalu bertambah panjang sehingga disebut mempunyai pertumbuhan yang tidak terbatas
  • Terbentuknya percabangan selama hidupnya
  • Secara umum tidak berwarna hijau kecuali masih pendek atau anakan.

Selain hal tersebut, batang juga memiliki fungsi sebagai berikut:
  • Sebagai pendukung bagian-bagian tumbuhan yang terletak di atas tanah (daun, bunda, dan buah)
  • Bidang asimilasi diperluas dengan percabangan sehingga bagian-bagian tumbuhan di dalam ruang terletak sedemikian rupa dan pada posisi yang menguntungkan.
  • Sebagai saluran pengangkutan air dan zat-zat makanan dari bawah ke atas dan pengangkutan hasil asimilasi dari atas ke bawah.
  • Sebagai tempat untuk menimbun makanan cadangan.

3. Cabang Pohon
Cabang pohon merupakan bagian pohon yang terletak di bagian atas batang utama dan memiliki ukuran yang lebih kecil dari batang utama. Cabang pohon meupakan tempat melekatnya ranting pohon.


4. Ranting Pohon
Ranting pohon merupakan bagian dari cabang pohon yang berukuran kecil dari cabang pohon dan terletak di bagian atas batang utama. Ranting pohon berfungsi sebagai tempat melekatnya tangkai daun pada pohon.

5. Daun Pohon
Daun merupakan bagian pada pohon berwarna hijau (secara umum) yang terletak di atas batang utama. Menurut Sutarmi et al (1983), daun merupakan batang yang telah mengalami modifikasi yang selanjutna berbentuk pipih serta terdiri dari sel-sel dan jaringan yang terdapat pada batang. 

Daun pada pohon berfungsi sebagai pengambil zat gas karbon dioksida, pengolah makanan melaui kegiatan fotosintesis, dan sebagai alat transpirasi dan respirasi (Rosanti, 2013). Pada daun yang lengkap biasanya memiliki beberapa bagian yaitu pelepah daun, tangkai daun, serta helai daun. Selanjutnya Tjitrosoepomo (1994) menjelaskan bahwa identifikasi daun dapat dilihat denga sifat-sifatnya yakni bentuk daun, ujung daun, pangkal daun, tulang daun, tepi daun, daging daun, kedaan permukaan dan bawah daun, serta warna daun.

Pustaka:
Dumanauw, J. F. 1990. Mengenal Kayu. Kanisius. Yogyakarta

Hasnunidah, N. 2019. Botani Tumbuhan Tinggi. Graha Ilmu. Lampung

Mulyani, S. 2006. Anatomi Tumbuhan. Kanisius. Yogyakarta

Rosanti, D. 2013. Morfologi Tubuhan. Erlangga. Jakarta

Sutarmi et al. 1983. Botani Umum. Angkasa. Bandung

Tjitrosoepomo, G. 1994. Morfologi Tumbuhan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta