Pengertian Hama Menurut Para Ahli

Hama pada hakekatnya adalah organisme perusak tanaman kehutanan yang dapat mengakibatkan tanaman tersebut akan mengalami kematian apabila serangan hama tidak dapat dikendalikan. Di berbagai bidang ilmu pengetahuan, hama didefinisikan tergantung pada sudut pandang dasar ilmu yang diperoleh. Untuk itu, berikut di bawah ini pengertian hama menurut para ahli.

Pengertian hama menurut para ahli didefinisikan berdasarkan pada sudut pandang dasar ilmu yang diperoleh. Hama merupakan organisme pengganggu.

1. Anggraeini Illa (2012)

Menurut Anggraini, hama merupakan semua binatang yang menimbulkan kerugian pada pohon hutan dan hasil hutan seperti serangga, bajing, babi, tikus, rusa, dan lain sebagainya.

2. Damaiyani & Lestari (2011)

Pengertian hama adalah pengganggu tanaman yang kasat mata seperti keong, kutu dan ulat.

3. Djojosumarto (2008) dalam Nurhidayati et al. (2020)

Dalam pengertiannya Djojosumorto mengartikan hama sebagai makhluk hidup yang bersifat mengganggu tanaman berupa hewan yang keberadaannya dapat dilihat dengan mata telanjang.

4. Flint & van De Bosch (1981) dalam Purnomo (2010)

Pengertian hama menurut Flint & van De Bosch adalah seluruh organisme yang sifatnya mampu mengurangi ketersediaan, kualitas, atau pun nilai sumber daya yang dimiliki oleh manusia.

5. Mary & Robert (1990) dalam Sukri & Rakhmad (2016)

Hama merupakan makhluk hidup yang bersaing dengan manusia dengan cara mengurangi ketersediaan, kualitas atau jumlah beberapa sumberdaya manusia berupa tumbuhan atau binatang peliharaan.

6. Meilin & Nasamsir (2016)

Pengertian hama adalah hewan (serangga) yang bersifat sebagai pengganggu atau perusak tanaman baik secara ekonomis maupun secara estetis.

7. Nur Fariqah (2006)

Hama diartikan sebagai binatang perusak tanaman hutan yang menimbulkan kerusakan, sehingga dapat menyebabkan tingkat kerugian yang melampaui batas toleransi (ekonomi). 

8. Pracaya (2007)

Hama diartikan sebagai binatang perusak tanaman yang dibudidayakan seperti tanaman apel, gandum, jambu, kentang, mangga, dan padi.

9. Pracaya (2008)

Pengertian hama merupakan binatang perusak tanaman budidaya yang berguna untuk masyarakat.

10. Smith (1983)

Hama adalah semua organisme atau agens biotik yang merusak tanaman dengan cara yang bertentangan dengan kepentingan manusia.

Kunjungi juga : Hama di Hutan Beriklim Subtropis dan Tropis

11. Wati et al. (2021)

Pengertian hama adalah salah satu jenis organisme pengganggu tanaman (OPT) yang karena aktivitasnya dapat merusak tanaman dan menyebabkan kerugian pada tanaman.

Pustaka:

Anggraeni, Illa. 2012. Penyakit Karat Tumor Pada Sengon dan Hama Cabuk Lilin Pada Pinus. Kementerian Kehutanan. Badan Litbag Kehutanan. Puslitbang Peningkatan Produktivitas Hutan Bogor.

Damaiyani, J. & Lestari, D. A. 2011. Inventarisasi Hama dan Penyakit pada Koleksi Paku-Pakuan Kebun Raya Purwodadi. Berkala Penelitian Hayati Edisi Khusus 7a: 173-177

Meilin, A. & Nasamsir. 2016. Serangga dan Peranannya dalam Bidang Pertanian dan Kehidupan. Jurnal Media Pertanian 1 (1): 18-28

Nur, Farikah. 2006. Modul Pelatihan Hama dan Penyakit Hutan. Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor.

Nurhidayati, Sudianto, A., & Suhartini. 2020. Penerapan dan Pemanfaatan Teknologi Sistem Pakar untuk Diagnoasa Hama dan Penyakit Jamur Tiram pada Kelompok Tani Desa Dasan Borok Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Informatika dan Teknologi 3 (2): 48-56

Pracaya. 2007. Hama dan Penyakit Tanaman. Edisi Revisi. Penebar Swadaya. Jakarta

______. 2008. Hama dan Penyakit Tanaman. Penebar Swadaya. Jakarta

Purnomo, H. 2010. Pengantar Pengendalian Hayati. ANDI OFFSET. Yogyakarta

Sukri, Z. & Rakhmad, H. 2016. Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Tanaman Jeruk Menggunakan Metode Euclidean Distance. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia 1 (2): 123-131. DOI: https://doi.org/10.32528/justindo.v1i2.573

Wati, C., Arsi., Karenina, T., Riyanto., Nirwanto, Y., Nurcahya, I., Melani, D., Astuti, D., Septriani, D., Purba, S. R. F., Ramdan, E. P., & Nurul, D. 2021. Hama dan Penyakit Tanaman. Yayasan Kita Menulis. Medan