Klasifikasi, Anatomi dan Manfaat Pohon Sengon

1 Klasifikasi Pohon Sengon

Klasifikasi dari pohon sengon adalah sebagai berikut (Warisno, 2009):
Kingdom  : Plantae 
Sub kingdom  : Tracheobionta 
Super division  : Spermatophyta 
Division         : Magnoliophyta 
Classis : Magnoliopsida 
Sub classis : Rosidae 
Ordo : Fabales 
Famili : Fabaceae
Genus : Paraserianthes
Spesies : Paraserianthes falcataria L.

Pohon Sengon dapat diklasifikasikan ke dalam genus paraserianthes dengan spesies Paraserianthes falcataria L. Manfaat Pohon sengon adalah sebagai bahan rayon dan pulp untuk pembuatan kertas dan mebel. Selain itu, pohon sengon juga bermanfaat untuk mengikat nitrogen

 2. Anatomi Pohon Sengon          

Paraserianthes falcataria L. juga dikenal dengan nama sengon merupakan salah satu jenis pionir serbaguna yang sangat penting di Indonesia. Jenis ini dipilih sebagai salah satu jenis tanaman industri di Indonesia karena pertumbuhannya yang sangat cepat, mampu beradaptasi pada berbagai jenis tanah, karakteristik silvikulturnya yang bagus dan kualitas kayunya dapat diterima untuk industri panel dan kayu pertukangan.

Di beberapa lokasi di Indonesia, sengon berperan sangat penting baik dalam sistem pertanian tradisional maupun komersial. Daerah penyebaran sengon cukup luas, mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Flores dan Maluku (Charomaini & Suhaendi, 1997).

Pohon sengon umumnya berukuran cukup besar dengan tinggi pohon total mencapai 40 m dan tinggi bebas cabang mencapai 20 m. Diameter pohon dewasa dapat mencapai 100 cm atau kadang-kadang lebih, dengan tajuk lebar mendatar. Apabila tumbuh di tempat terbuka sengon cenderung memiliki kanopi yang berbentuk seperti kubah atau payung.

Pohon sengon pada umumnya tidak berbanir meskipun di lapangan kadang dijumpai pohon dengan banir kecil. Permukaan kulit batang berwarna putih, abu-abu atau kehijauan, halus, kadang-kadang sedikit beralur dengan garis-garis lentisel memanjang.


Daun sengon tersusun majemuk menyirip ganda dengan panjang sekitar 23–30 cm. Anak daun nya kecil-kecil, banyak dan berpasangan, terdiri dari 15–20 pasang pada setiap sumbu (tangkai), berbentuk lonjong (panjang 6–12 mm, lebar 3–5 mm) dan pendek kearah ujung. Permukaan daun bagian atas berwarna hijau pupus dan tidak berbulu sedangkan permukaan daun bagian bawah lebih pucat dengan rambut-rambut halus (Soerianegara & Lemmens 1993, Arche et al. 1998).

Bunga sengon tersusun dalam helai berukuran panjang 12 mm, berwarna putih kekuningan dan sedikit berbulu, berbentuk seperti saluran atau lonceng. Bunganya biseksual, terdiri dari bunga jantan dan bunga betina.

Buah sengon berbentuk polong, pipih, tipis, tidak bersekat-sekat dan berukuran panjang 10–13 dan lebar 2 cm. Setiap polong buah berisi 15–20 biji. Biji sengon berbentuk pipih, lonjong, tidak bersayap, berukuran panjang 6 mm, berwarna hijau ketika masih muda dan berubah menjadi kuning sampai coklat kehitaman jika sudah tua, agak keras dan berlilin (Soerianegara dan Lemmens 1993).

Kayu sengon pada umumnya ringan, lunak sampai agak lunak. Kayu teras nya berwarna putih sampai coklat muda pucat atau kuning muda sampai coklat kemerahan. Pada pohon yang masih muda, warna kayu teras dan kayu gubal tidak begitu jelas perbedaannya (berwarna pucat), tetapi pada kayu yang lebih tua perbedaannya cukup jelas (Soerianegara & Lemmens, 1993).

Kerapatan kayu yang dimiliki pohon sengon berkisar antara 230 dan 500 kg/m3 pada kadar air 12–15%. Serat kayunya lurus atau saling bertautan dan teksturnya cukup kasar tetapi seragam.Kayu sengon tidak tahan lama ketika digunakan di tempat terbuka, sangat rentan terhadap berbagai jenis serangan serangga dan jamur.

Hasil pengujian kayu di Indonesia menunjukkan bahwa kayu sengon rata-rata dapat bertahan (tidak rusak) selama 0,5–2,1 tahun apabila diletakkan di atas permukaan tanah. Meskipun demikian, kayu yang telah diberi bahan pengawet bisa lebih tahan hingga 15 tahun di daerah beriklim tropis (Soerianegara dan Lemmens, 1993).

3. Manfaat Pohon Sengon

Kayu sengon dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti bahan konstruksi ringan (misalnya langit-langit, panel, interior, perabotan dan kabinet), bahan kemasan ringan (misalnya paket, kotak, kotak cerutu dan rokok, peti kayu, peti teh dan pallet), korek api, sepatu kayu, alat musik, mainan dan sebagainya.

Kayu sengon juga dapat digunakan untuk bahan baku triplex dan kayu lapis, serta sangat cocok untuk bahan papan partikel dan papan blok. Kayu sengon juga banyak digunakan untuk bahan rayon dan pulp untuk membuat kertas dan mebel (Soerianegara dan Lemmens, 1993).

Sebagai jenis pengikat nitrogen, sengon juga ditanam untuk tujuan reboisasi dan penghijauan guna meningkatkan kesuburan tanah (Heyne, 1987). Daun dan cabang yang jatuh akan meningkatkan kandungan nitrogen, bahan organik dan mineral tanah (Orwa dkk. 2009).

Sengon sering ditumpangsarikan dengan tanaman pertanian seperti jagung, ubi kayu dan buah-buahan (Charomaini dan Suhaendi, 1997). Sengon sering pula ditanam di pekarangan untuk persediaan bahan bakar (arang) dan daunnya dimanfaatkan untuk pakan ternak ayam dan kambing.

Di Ambon (Maluku), kulit pohon sengon digunakan untuk bahan jaring penyamak, kadang-kadang juga digunakan secara lokal sebagai pengganti sabun (Soerianegara dan Lemmens, 1993).

Pustaka:

Charomaini, M. dan Suhaendi, H. 1997. Genetic variation of Paraserianthes  falcataria seed sources in Indonesia and its potential in tree breedingprograms. Dalam: Zabala, N. (ed.) Workshop international tentang spesies Albizia dan Paraserianthes, 151–156. Prosiding workshop, 13–19 November 1994, Bislig, Surigao del Sur, Filipina. Forest, Farm, and Community Tree Research Reports (tema khusus). Winrock International, Morrilton, Arkansas, AS.
Heyne, T. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Jakarta, Indonesia.
Orwa, C dkk. 2009. Agroforestry tree database: a tree reference and selection guide version 4.0. http://www.worldagroforestry.org/ treedb2/ AFTPDFS/Paraserianthes_falcataria.pdf diakses pada 11 Januari 2019 pukul 19.05 WIB
Soerianegara, I. dan Lemmens, R.H.M.J. 1993. Plant Resources of South-East Asia 5 (1): Timber trees: major commercial timbers. Pudoc Scientific Publishers, Wageningen, Belanda.
Warisno, Dahana K. 2009. Investasi Sengon: Langkah Praktis Membudidayakan Pohon Uang. Jakarta: Gramedia Pustaka.
close