2 Tempat Wisata Terbaru di Tangkiling

Tangkiling merupakan salah satu daerah yang termasuk di dalam Kota Palangka Raya. Tangkiling memiliki berbagai macam destinasi wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi sama halnya seperti wisata di kota lain. Lebih menariknya lagi, Tangkiling akan menyuguhkan berbagai macam wisata bertemakan alam sehingga tidak jarang ditemukan bahwa pengunjungnya adalah para pencinta alam. Selain pencinta alam, masyarakat dari berbagai tempat juga yang umumnya masih di lingkungan Kota Palangka Raya bahkan dari berbagai macam tempat lain sangat suka untuk melakukan refreshing di tempat ini.

1. Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling

Taman wisata alam Tangkiling merupakan salah satu lokasi wisata terbaik di Kota Palangka Raya dan termasuk dalam kawasan pelestarian alam. Apabila dilihat secara geografis, Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling terletak di wilayah Desa Tangkiling dan Desa Banturung, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah.

Tempat wisata baru di Bukit Tangkiling terdiri dari 2 objek wisata yaitu Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling dan Bukit Banama yang memiliki legenda

Kawasan Wisata Alam Bukit Tangkiling adalah objek wisata yang terbentang seluar 533 Ha sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 046/Kpts/Um/1/1997 tepatnya pada tanggal 25 Januari 1997. Sejak keluarnya SK kementerian, pengembagan potensi Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling mulai dilakukan oleh pemerintah provinsi Kalimantan Tengah. Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling melingkupi beberapa wilayah perbukitan diantaranya Bukit Tangkiling, Bukit Baranahu, Bukit Buhis, Bukit Liau, Bukit Kitabala, Bukit Bulam, Bukit Tisin, Bukit Kalalawit, dan Bukit Tunggal.

Selaindari indahnya perbukitan di wilayah Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling, daya tarik lainnya Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling, yaitu keberagaman jenis ekosistem alam yang terdapat di dalamnya baik itu flora maupun fauna hutan tropis, tanaman herbal atau tanaman obat, kolam buaya, beruang, depot anggrek, panjat tebing, jalan refleksi, tracking hutan, dan pohon yang dilindungi seperti ulin dan tengkawang, dan lebah madu.

Berkunjung ke Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling baiknya dilakukan tidak di musim hujan. Hal ini karena untuk mencapai puncak dari bukit tangkiling dibutuhkan waktu sekitar 30-60 menit tergantung ritme treking setiap orang. Mitosnya jika kita bisa mencapai puncak bukit dan menyentuh batu besar maka apa yang dicita-citakan bisa tercapai.

Taman Wisata Bukit Alam Tangkiling memiliki beberapa fasilitas seperti:

  1. Tempat parkir
  2. Kamar mandi/wc/toilet
  3. Air bersih
  4. Perangkat keselamatan
  5. Listrik
  6. Tempat sampah
  7. Papan informasi
  8. Panggung hiburan
  9. Gazebo
  10. Camping area
  11. Tempat ibadah, dan beberapa fasilitas lainnya.

Selanjutnya, tiket masuk untuk mengunjungi Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling juga sangat terjangkau sebesar 5000-7000 untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan manca negara sekitar 10 dolar. Biaya parkir juga terjangkau yakni kendaraan roda 2 cukup membayar 5000 ribu dan 10000 ribu untuk kendaraan roda 4 atau lebih (palangkaraya.go.id)

2. Batu Banama Bukit Tangkiling

Batu Banama Bukit Tangkiling merupakan salah satu wisata yang sangat ramai pengunjungnya terutama bagi wisatawan yang ingin menghilangkan penat dan beban sesaat dengan melampiaskannya ke pemandangan hutan yang indah serta bebatuan yang berukuran besar. Kawasan wisata Batu Banama Bukit Tangkiling terbentang pada ketiggian sekitar 190 meter di atas permukaan laut.

Tempat wisata baru di Bukit Tangkiling terdiri dari 2 objek wisata yaitu Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling dan Bukit Banama yang memiliki legenda

Wisata Batu Banama Bukit Tangkiling memiliki daya tarik tersendiri terutama pemandangan alam perbukitan yang sangat indah dimana di bagian atas bukit dapat dilihat kawasan hutan Kota Palangka Raya. Selain itu, di kawasan wisata Batu Banama Bukit Tangkiling juga terdapat daya tarik lain yakni adanya Situs Kaharingan (Pasah) yang dikeramatkan. Selain itu, di kawasan tersebut juga dapat ditemukan berbagai macam batu yang memiliki legenda tersendiri yang sampai saat ini diceritakan oleh masyarakat. Selanjutnya, di kawasan wisata Bukit Banama juga terdapat Pura Sali Paseban Batu. Pura ini digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu.

Wisata Bukit Banama Bukit Tangkiling terletak di Jalan Batu Banama Kelurahan Tangkiling Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya dengan luas 6 hektar are. Tempat wisata ini dikelola oleh BKSDA dan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah serta kelompok Sadar Wisata Bukit Tangkiling. Tempat wisata ini juga dapat ditempuh melalui jalur darat dengan kendaraan bermotor yang berjarak sekitar 34 kilometer dari Kota Palangka Raya.

Adapun fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini adalah sebagai berikut:

  • Gazebo
  • Toilet
  • Panggung Seni
  • Pos Jaga
  • Peta Penunjuk Arah
  • Jalan Titian
  • Tangga Pendakian
  • Tempat Parkir

Untuk menikmati keindahan dari tempat wisata ini pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang tiket masuk sebesar 15.000 sampai 25.000.

Pustaka:

https://palangkaraya.go.id/batu-banama-bukit-tangkiling/ diakses pada tanggal 5 Juli 2022

https://palangkaraya.go.id/taman-wisata-alam-bukit-tangkiling/ diakses pada tanggal 7 Juli 2022