Tipe-Tipe Kerusakan pada Pohon

Kerusakan pada pohon umumnya memiliki berbagai tipe. Tipe kerusakan pada pohon tersebut sangat berpengaruh penting terhadap penyebab kerusakan. Kerusakan pada pohon akan mempengaruhi pertumbuhan pada pohon sehinngga terkadang dari berbagai tipe kerusakan mampu membuat pohon mengalami pertumbuhan yang tidak normal bahkan sampai mengalami kematian.

Mangold (1997) berpendapat bahwa tipe-tipe kerusakan yang terjadi pada pohon terdiri dari akar patah atau mati, busuk hati, brum, dieback, hilangnya ujung dominan, kanker, kerusakan kuncup, luka terbuka, perubahan warna daun, resinosis dan gumosis. Selanjutnya Mardiani (2006) menambahkan malformasi sebagai salah satu tipe kerusakan yang terjadi pada pohon. Berikut penjelasan dari tipe–tipe kerusakan pohon tersebut di atas.

Tipe-tipe kerusakan yang terjadi pada pohon terdiri dari akar patah atau mati, busuk hati, brum, dieback, hilangnya ujung dominan, kanker, malformasi.

1. Akar Patah

Akar patah terjadi pada pohon dapat disebabkan oleh manusia karena melakukan penggalian atau sengaja memotong bagian akar pohon untuk keperluan tertentu. Patahnya akar pohon akan membuat akar tersebut menjadi mati sehingga lebih mudah mendatangkan penyakit lainnya yang dapat menyerang pohon sehingga dapat merusak pohon secara perlahan.

2. Busuk Hati

Busuk hati merupakan tipe kerusakan pohon yang umumnya terjadai pada batang pohon utama. Hal ini terjadi apabila di dalam batang pohon terdapat ruang kosong atau lubang kayu. Lubang tersebut terbentuk karena di dalam batang pohon terdapat jaringan kayu yang lunak serta mengandung air sehingga ketika mengalami degradasi akan membentuk lubang pada batang pohon.

Selain dari jaringan kayu yang lunak, busuk hati pada pohon juga dapat disebabkan oleh bekas dari luka bakar yang terdapat pada pohon sehingga tunggaknya menjadi lapuk. Gejala yang sering timbul akibat dari terdapatnya busuk hati pada pohon ditandai dengan pangkal batang yang mengalami embusukan serta daun pada bagian tajuk mengalami perubahan warna menjadi kuning dan kering. Hal ini terjadi karena adanya sel jaringan pada pohon yang mengalami kematian serta serangan patogen (Sitinjak, 2016).

Kunjungi juga : Jenis-Jenis Pohon Penghasil Resin

Tipe kerusakan ini sulit diamati secara kasat mata pada bagian luar batang pohon. Namun, tipe kerusakan ini ditandai dengan munculnya tubuh buah sehingga dapat dijadikan sebagai indikator mengalami busuk hati. Tipe kerusakan pohon ini juga umumnya terjadi pada bagian akar, batang, buah, dan kunsup pohon (Pracaya, 2003).

3. Brum

Brum merupakan tipe kerusakan pohon yang ditandai dengan adanya sekumpulan ranting yang tumbuhnya memadati bagian tajuk pohon yang hidup. Kondisi seperti ini diakibatkan oleh organ pohon yang tidak normal dan termasuk ke dalam struktru vegetatif.

4. Dieback

Tipe kerusakan pohon yang terjadi pada pada bagian ujung pohon yang ditandai dengan kematian ranting atau cabang disebut sebagai dieback. Tipe kerusakan ini terjadi apabila adanya serangan organisme perusak serta musim kemarau yang berkepanjangan.

5. Hilangnya Ujung Dominan

Hilangnya ujung dominan ialah tipe kerusakan pohon yang ditandai dengan kematian ujung pohon atau pun titik tumbuh pada bagian pohon seperti ujung akar dan pucuk. Tipe kerusakan ini juga disebut sebagai mati ujung dan disebabkan oleh 3 faktor utama yaitu cuaca, penyakit, dan organisme perusak (serangga).

6. Kanker

Kanker yang dimaksud adalah tipe kerusakan pohn yang ditandai dengan bagian batang yang membengkak secara meluas di bagian atas dan bawah batang pohon. Secara umum, kanker pada batang pohon desbabkan oleh serangan jamur sehingga jaringan kayu pada bagian batang pohon yang terkena kanker menjadi lunak, retak, rapuh dan biasanya menjadi tempat perlindungan berbagai serangga perusak kayu.

Cara kerja serangan jamur penyebab kanker dimulai dengan menyerang kambium pohon sehingga mengalami kematian. Kematian pda kambium tersebut akan semakin dalam dan luas sehingga gall terbentuk. Pohon yang terserang kanker ini akan lebih mudah mengalami patah pada bagian batang dan tumbang terutama pada pohon yang tumbuh di daerah miring dan banyak angin.

7. Kerusakan Tunas, Daun, dan Kuncup

Tipe kerusakan pohon ini ditandai dengan tunas yang mengalami serangan jamur, daun terlilit, berlobang atau semakin mengecil karena dimakan oleh serangga.

8. Luka Terbuka

Luka terbuka merupakan tipe kerusakan pohon yang ditandai dengan kulit pohon yang terkelupas sehingga bagian dalam kayu terlihat dan juga terbuka. Umumnya luka terbuka disebabkan oleh adanya pangkasan pada batang pohon yang memotong sampai ke bagian dalam kayu.

9. Malformasi

Malformasi merupakan tipe kerusakan pohon yang ditandai dengan berubahnya bentuk pohon serta organ-organnya.

Kunjungi juga : Pengertian Pohon Menurut Para Ahli (Terbaru)

10. Perubahan Warna Daun

Perubahan warna daun pada pohon ditandai dengan warna daun yang berubah menjadi kuning dan coklat atau campuran anatar keduanya. Gejala ini diakibakan oleh serangan bercak daun berupa noda permukaan daun berbentuk bulatan kecil yang tidak teratur.

11. Resinosis dan Gumosis

Resinosis adalah tipe kerusakan yang terjadi pada pohon yang ditandai dengan keluarnya cairan berupa resin dari batang pohon yang telah terluka atau terkena penyakit. Selanjutnya, tipe kerusakan ini disebut gumosis apabila yang keluar dari baang pohon berupa gum. Hal tersebut terjadi ketika pohon mengalami luka sehingga mengenai pembuluh xylem dan terserang patogen. Akibat dari kehilangan resin atau gum pada pohon ini makan pohon tersebut akan mengundang terjadinya serangan penyakit.

Pustaka:

Mangold, R. 1997. Forest Health Monitoring: Field Methods Guide. Buku. USDA Forest USDA Forest Service General Technical Report. New York

Miardini, A. 2006. Analisis Kesehatan Pohon Di Kebun Raya Bogor. Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor

Pracaya. 2003. Hama dan Penyakit Tanaman. Penebar Swadaya. Jakarta

Sitinjak, E. V. 2016. Status Kesehatan Pohon pada Jalur Hijau dan Halaman Parkir Universitas Lampung. [Skripsi]. Fakultas Pertanian Universitas lampung. Bandar Lampung