Pengertian Ergonomi Menurut Para Ahli

Umumnya kata ergonomi merupakan kata yang terdiri dari dua bahasa latin (Yunani) yakni ergon dengan arti kerja dan nomos dengan arti aturan atau hukum. Berdasarkan dari kedua kata latin tersebut, ergonomi dapat diartikan sebagai kerja dengan aturan tertentu atau aturan dalam melakukan pekerjaan.

Beberapa pengertian ergonomi yang disampaikan oleh beberapa ahli di bidang tersebut adalah sebagai berikut:

Beberapa pengertian ergonomi yang disampaikan oleh beberapa ahli di bidang tersebut adalah sebagai berikut:

1. ACGIH (2007)

Pengertian dari ergonomi adalah suatu istilah yang berlaku untuk dasar studi desain hubungan antara manusia dan mesin dengan tujuan penyakit dan cidera dapat dicegah serta adanya peningkatan prestasi kerja.

2. Annis & McConville (1996)

Ergonomi adalah kemampuan untuk menerapkan informasi mengenai karakter manusia, kapasitas, dan pembatasan desain tugas manusia, sistem mesin, ruang hidup, dan lingkungan agar orang bisa hidup, kerja dan bermain dengan aman, dengan nyaman dan efisien.

3. Bridger (2003)

Ergonomi diistilahkan sebagai interaksi antara manusia dengan mesin yang tujuannya memperbaiki atau meningkatkan performa dari interaksi antara keduanya, lingkungan kerja saat melakukan pekerjaan.

4. Corlett & Clark (1995) 

Ergonomi adalah studi tentang kemampuan dan karakteristik manusia yang mempengaruhi desain peralatan, sistem dan pekerjaan 

5. Eko Nurmianto (2004)

Ergonomi yaitu aspek-aspek manusia dalam lingkungan kerjanya yang secara anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen dan desain dilakukan peninjauan.

6. Manuaba (2000)

Definisi ari ergonomi adalah gabungan dari ilmu, teknologi, dan juga seni yang untuk menyesuaikan alat-alat, lingkungan, mesin, organisasi, pekerjaan, dan sistem dengan kemampuan dan keterbatasan manusia sehingga kondisi dan lingkungan yang aman, efisien, nyaman, prouktif, dan sehat dapat tercapai dengan memanfaatkan fungsi dari tubuh manusia secara optimal dan maksimal.

7. Oborne (1995)

Menurutnya, ergonomi adalah cara memandang dunia, berpikir tentang manusia dan bagaimana interaksinya engan seluuruh aspek dalam lingkungan, peralatan, serta kondisi pekerjaaan.

8. Openshaw (2006) 

Pengertian ergonomi adalah suatu ilmu pengetahuan yang fokusnya terhadap kecocokan atau kesesuaian manusia alam mengurangi kelelahan dan ketidaknyamanan melalui produk yang didesain.

9. OSHA (2000)

Ergonomi diartikan sebagai ilmu yang lebih menitik eratkan penyesuaian pola kerja terhadap tenaga fisik dari tubuh pekerja untuk menyesuaikan dengan pekerjaan.

10. Pendapat Penulis

Menurut saya, ergonomi merupakan sebuah kajian ilmu yang memberikan kemudahan serta memberikan pedoman yang sesuai terhadap aktivitas yang dilakukan oleh manusia baik itu tentang alat yang digunakan, pekerjaan yang dilaksanakan, maupun lingkungan tempat pekerjaan itu terjadi sehingga pekerjaan yang dilakukan tersebut dapat dilakukan secara mudah dan efisien. 

11. Pheasant (1991)

Ergonomi merupakan suatu aplikasi dari informasi yang sifatnya ilmiah dengan menitikberatkan hubungan manusia terhadap suatu alat, sistem, dan lingkungan dengan tujuan supaya manusia dapat menggunakannya. Pengertian secara singkatnya adalah suatu ilmu yang menyesuaikan antara pekerjaan dengan pekerja; produk dengan penggunaannya.

12. Suma’mur (1989)

Pengertian dari ergonomi adalah ilmu yang penerapan nya berusaha menyesuaikan suatu pekerjaan terhadap orang melalui pemanfaatan manusia secara optimal yang meliputi penyesuaian pekerjaan terhadap tenaga kerja dan juga timbal baliknya sehingga lebih efisien dan adanya kenyamanan kerja.

13. Sutalaksana (2006)

Sutalaksana (2006) berpendapat bahwa ergonomi adalah suatu ilmu yang tersusun untuk menggunakan informasi tentang suatu sifat, kemampuan serta keterbatasan yang dimiliki oleh manusia dalam merancang sistem kerja sehingga dapat bekerja dengan baik untuk mendapatkan sesuayu yang diinginkan dengan melakukan pekerjaan yang aman, efektif, efisien, nyaman, dan sehat.

14. Tarwaka (2004)

Pengertian ergonomi adalah ilmu, penerapan teknologi, dan seni untuk menyesuaikan (menyerasikan) antara semua sarana prasarana yang dipergunakan dalam melakukan aktivitas atau pun saat istirahat berlandaskan kemampuan serta keterbatasan yang dimiliki oleh manusia seperti yang meliputi fisik atau mental sehingga mutu hidup menjadi lebih baik dari sebelumnya.

15. Wignjosoebroto (2003)

Ergonomi adalah disiplin ilmu yang mempelajari kaitan (hubungan) manusia dengan pekerjaannya.

16. Zander (1972)

Ergonomi merupakan penerapan ilmu-ilmu biologis tentang manusia bersamaan engan ilmu teknik dan teknologi dengan tujuan penyesuaian secara optimal antara manusia dengan lingkungan kerjaannya dapat tercapai dimana manfaatnya diukur dengan efisien dan kesehjateraan kerja.