Pengertian Persemaian Menurut Ahli

Secara umum, persemaian terbagi dalam dua bagian yakni persemaian sementara (tidak tetap) dan persemaian tetap. Persemaian tetap seringkali diartikan sebagai persemaian permanen. Tipe dari kedua persemaian ini tidak lah sama. Persemaian sementara memiliki lokasi yang berpindah-pindah. Sedangkan persemaian permanen memiliki lokasi yang tetap.

Persemaian yang terdapat di Indonesia memiliki arti yang berbeda-beda. Berikut pengertian persemaian menurut para ahli yang terdapat di berbagai jurnal dan buku serta pendapat penulis.

Persemaian yang terdapat di Indonesia memiliki arti yang berbeda-beda. Berikut pengertian persemaian menurut para ahli yang terdapat di berbagai jurnal dan buku serta pendapat penulis.

1. Anhar et al (2018)

Persemaian diartikan sebagai suatu tempat benih pohon (tanaman) dipelihara dimana memiliki lokasi yang tetap dan memiliki bangunan yang rapi dan teratur.

2. Husaeni, E.

Persemaian adalah suatu bidang lahan yang diperuntukkan untuk memperoleh bibit pohon yang ditentukan beberapa syarat seperti umur, ukuran dan kualitas yang cukup untuk ditanam di lapangan penanaman teah terpenuhi.

3. Kurniaty, R. & Danu (2012)

Persemaian merupakan suatu tempat untuk melakukan kegiatan pembenihan (memproses benih) atau bagian tanaman lain sehingga menjadi bibit siap tanam di lapangan.

4. Pendapat Pribadi

Persemaian merupakan tempat peletakkan bibit dari berbagai jenis tanaman untuk dipelihara sampai pada keadaan siap tanam.

5. PPDB IPB (2018)

Persemaian merupakan suatu tempat yang digunakan untuk melakukan penyemaian benih jenis tanaman tertentu dengan memberikan suatu perlakuan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan sebelumnya

6. Sirajudi et al

Persemaian diartikan sebagai tempat pembibitan yang digunakan untuk mengembangbiakkan tanaman yang diperoleh dari biji (generatif) atau tanaman yang diperoleh dari anakan (vegetatif) sampai pada keadaan bibit siap tanam.

7. Soeparno, W. (2013)

Persemaian diartikan sebagai suatu areal yang digunakan untuk memproses benih (bagian tanaman lain) menjadi bibit yang siap untuk ditanam ke lokasi penanaman dengan jumlah yang memadai, ukuran yang relatif sama, kualitas yang baik serta pada waktu yang tepat.

Pustaka:

Anhar et al. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan Berbasis Konservasi dan Budidaya Kopi Ramah Lingkungan. Syiah Kuala University Press. Aceh

Husaeni, E. Teknik Pendapatan Persemaian. Materi Persentasi. Fakultas Kehutanan IPB. Bogor

Kurniaty, R. & Danu. 2012. Teknik Persemaian. Tanaman Hutan. Bogor

PPDB IPB. 2018. Beberapa Definisi Terkait Persemaian Permanen (https://www.ppdramagaipb.info/mengenal-definisi-persemaian-permanen.html) diakses pada 27 Oktober 2020.

Sirajudin et al. Panduan Pembibitan Program Reforestasi (KFCP). Forest Carbon Partnership. Indonesia-Australia

Soeparno, W. 2013. Modul Pelatihan Persemaian (Pilot Proyek Restorasi/Rehabilitasi. ICWRMIP-CWMBC. Bandung