Pengertian Komunikasi : Metode, Unsur, Fungsi, dan Teknik

1. Metode Komunikasi
Metode komunikasi merupakan suatu cara yang sistematis untuk mencapai suatu tujuan yang telah direncanakan. Metode komunikasi biasanya memiliki 3 bagian metode yakni metode berdasarkan pendekatan perorangan, metode berdasarkan pendekatan kelompok dan metode berdasarkan pendekatan massal (Firmansyah, 2015). Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi diuraikan sebagai berikut.

Kunjungi juga : Konsep, Taktik, dan Strategi Pemasaran

2. Pengertian Komunikasi
Komunikasi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain untuk menyampaikan pesan, informasi, gagasan, pendapat, dan pikiran dengan mengharapkan arus balik (feed back), jawaban, atau tanggapan (Muis, 2001). Secara spesifik komunikasi adalah penyampaian suatu pesan. Pesan terebut merupakan awal dari terjadinya komunikasi. Selain itu, komunikasi juga diartikan sebagai hubungan atau kegiatan yang berhubungan dengan masalah atau saling bertukar pendapat (West & Turner, 2008). Dalam hal yang lebih sederhana, komunikasi dapat dikatakan sebagai pertukaran informasi antara kedua belah pihak.

Pengertian komunikasi adalah suatu cara yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain untuk menyampaikan pesan, informasi, gagasan, pendapat, dan pikiran dengan mengharapkan arus balik (feed back), jawaban, atau tanggapan (Muis, 2001). Metode komunikasi merupakan suatu cara yang sistematis untuk mencapai suatu tujuan yang telah direncanakan. Metode komunikasi biasanya memiliki 3 bagian metode yakni metode berdasarkan pendekatan perorangan, metode berdasarkan pendekatan kelompok dan metode berdasarkan pendekatan massal (Firmansyah, 2015).

Selanjutnya West & Turner (2008) menjelaskan bahwa pengertian komunikasi terdiri dari berbagai macam akibat dari munculnya displin ilmu komunikasi yang sangat beragam. Berkaitan dengan hal tersebut dalam pandangan yang sama komunikasi dapat diartikan sebagai tindaka sosial dalam individu. Kemudahan dalam memahami definisi dari komunikasi secara umum memerlukan istilah kunci yaitu sosial, proses, simbol, makna, dan lingkungan dalam komunikasi tersebut (West & Turner, 2008). Berdasarkan istilah tersebut secara keseluruhan komunikasi dapat disimpulkan sebagai penyampaian, emosi, ide, informasi serta keterampilan melalui penggunaan simbol seperti angka, gambar, grafik, dan kata oleh seseorang terhadapa orang lain (Fisher, 1986).

3. Unsur-Unsur Komunikasi
Suryanto (2015) menjelaskan bahwa salah satu unsur komunikasi yang paling penting adalah sumber (source). Secara umumnya unsur komunikasi dapat dibedakan menjadi 7 bagian yaitu efek, komunikator, komunikan, pesan, saluran komunikasi, dan umpan balik.

a. Efek
Efek merupakan akhir dari proses komunikasi, yakni sikap dan perilaku orang yang dijadikan sebagai sasaran komunikasi, sesuai atau tidak sesuai dengan yang dilakukan (Suryanto, 2015).

b. Komunikator
Sastropoetro (1991) menjelaskan bahwa komunikator merupakan orang yang menyampaikan atau menyebarkan pesan. Beberapa syarat yang perlu diperhatikan oleh seorang komunikator yakni:
  • Dekat dengan khalayak
  • Memiliki kesaaan dan daya tarik sosial serta fisik
  • Kesamaan meliputi agama, gender, hobi, kemampuan bahasa, latar belakang sosial, pendidikan, ras, dan umur.
  • Memiliki otoritas serta kredibilitas
  • Pandai menyampaikan pesan
  • Status, kekuasaan dan kewenagannya dikenal
c. Komunikan
Sastropoetra (1991) berpendapat bahwa komunikan merupakan penerima pesan serta merupakan tujuan dari proses komunikasi. Komunikan dapat digolongkan menjadi tiga jenis yakni personal, kelompok, dan massa. Tidak hanya itu, keberhasilan suatu komunikan ditentukan oleh kerangka pengetahuan dan ruang lingkup pengalaman.

d. Pesan
Pesan merupakan keseluruhan yang disampaikan oleh komunikator terhadap komunikan yang berisi tentang inti informasi yang disampaikan (Sastropoetra, 1991). Selanjutnya bentuk pesan yang disampaikan oleh komukator kepada komunikan biasanya informatif (fakta/data), koersif (perintah/instruksi), dan persuasif (mempengaruhi) (Suryanto, 2015).

e. Saluran Komunikasi
Suryanto (2015) berpendapat bahwa saluran komunikasi merupakan perantara dalam menyampaikan informasi oleh komunikator kepada komunikan yang bertujuan penyebaran informasi atau pesan lebih efesiensi. Saluran komunikasi pada umumnya berfungsi supaya pesan yang disampaikan efektivitas, efesiensi, konkret, dan motivatif.

Kunjungi juga : Metode Komunikasi Penyuluhan Kehutanan

f. Umpan Balik
Umpan balik merupakan elemen yang dapat menjadi tolak ukur berhasil atau tidaknya suatu komunikasi (Suryanto, 2015). Secara singkat umpan balik dapat diartikan sebagai tanggapan dari komunikan.

4. Fungsi Komunikasi
Secra garis besar komunikasi memiliki empat fungsi yakni sebagai ekspresif, instrumental, sosial dan ritual (Mulyana, 2008). Sedangkan menurut Fajar (2009), fungsi dari komunikasi meliputi informatif, integratif, persuasif, serta regulatif.

5. Teknik Komunikasi
Fatimah (2018) menuliskan bahwa teknik komunikasi dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian yaitu:
  • Teknik komunikasi informatif yakni memberikan keterangan berdasarkan data dan fakta.
  • Teknik komunikasi intruksif/koersif, yakni menyampaikan pesan secara memaksa dengan menggunakan sanksi apabila tidak dilakukan.
  • Teknik komunikasi persuasif, yaitu memeberikan bujukan kepada orang lain dalam penyampaian suatu pesan dengan kesimpulan yang diambil oleh seorang komunikan dilakukan tanpa paksaan dari orang lain.
Pustaka:
Fajar, M. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Graham Ilmu. Yogyakarta

Fatimah. 2018. Teknik Komunikasi Dalam Buku Speak to Change Karya Jamil Azzaini. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan

Firmansyah, A. S. 2015. Fungsi Komunikasi Penyuluh dalam Meningkatkan Hasil Panen Padi Pada Petani Sawah Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak Sri Indrapura. JOM 2 (2): 1-15

Fisher. 1986. Teori-Teori Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Mardikanto, T. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Lembaga Pendidikan (LPP) UNS dan UNS Press. Surakarta

Muis. 2001. Komunikasi Islam. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Mulyana, D. 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya. Bandung

Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. CV Pustaka Setia. Bandung

Sastropoetro. 1991. Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa. Alumni. Bandung

West & Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Salemba Humanika. Jakarta