Alat dan Bahan Pembuatan Pelet Kayu

Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan pelet kayu terdiri dari mesin pembuat pelet kayu adalah sejenis mesin pembalik material kayu seperti serbuk gergaji, batang pohon, cabang akar, kulit kayu, limbah kayu, templat bangunan menjadi pelet kayu dengan pengaruh tekanan dan panas.

Wood pellet atau bisa juga disebut dengan pelet kayu adalah salah satu bahan bakar alternatif yang terbuat dari serbuk kayu, ataupun bahan kayu. Pada umumnya bahan bakar ini digunakan oleh Negara-negara yang memiliki 4 musim, yang berfungsi sebagai bahan bakar pengganti batubara.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa digunakan oleh para pengguna, ketika menggunakan bahan bakar yang satu ini, seperti halnya bisa digunakan untuk menghangatkan ruangan, masak di atas kompor, burner dan yang lainnya.

Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan pelet kayu terdiri dari mesin pembuat pelet kayu adalah sejenis mesin pembalik material kayu.

Apa Manfaat Pelet Kayu (Wood Pellet)? 

Dari sisi penampilannya, pelet kayu ini terlihat halus dan berkilau, dengan sedikit retakan, yang membuatnya hampir mirip seperti krayon. Pellet kayu sifatnya mudah sekali terbakar dan hasil nyala apinya juga lumayan bagus. Lalu, sebenarnya apa manfaat wood pellet ini? 

1. Sebagai bahan pembakaran pada pemanas ruangan

Di Negara yang memiliki 4 musim, yang mana cuaca yang ada lebih cenderung ke sangat dingin. Biasanya wood pellet ini digunakan sebagai alternatif pengganti bahan bakar untuk penghangat ruangan ketika memasuki musim gugur dan juga musim dingin

2. Wood pellet juga bisa berfungsi sebagai bahan bakar untuk tungku memasak

Adapun tekniknya tidak beda jauh dengan sebelumnya, yaitu sebagai alternatif bahan bakar untuk memanaskan tungku memasak. Seperti kompor dan yang lainnya. Pada umumnya bahan bakar satu ini digunakan oleh dunia industri baik dari skala kecil hingga besar, seperti pabrik pembuatan tahu dan yang lainnya.

3. Wood pellet atau pelet kayu juga bisa digunakan sebagai tenaga pembangkit listrik

Yang dimaksud disini adalah sebagai sumber bahan bakar pengganti bahan bakar fosil, yang mana saat ini sudah mulai menipis cadangannya. Selain itu bahan bakar satu ini, juga termasuk bahan bakar alami dari hasil daur ulang industri yang berhubungan dengan kayu.

Alat Apa Yang Digunakan Untuk Membuat Wood Pellet Atau Pelet Kayu?

Alat atau mesin pembuat pelet kayu adalah sejenis mesin pembalik material kayu seperti serbuk gergaji, batang pohon, cabang akar, kulit kayu, limbah kayu, templat bangunan menjadi pelet kayu dengan pengaruh tekanan dan panas. 

Beberapa peralatan yang diperlukan di seluruh lini produksi pelet kayu adalah: mesin crusher, penghilang debu, belt conveyor, kompor udara panas, pengering kipas angin induksi, bag filter, silo, skip, hoist, wood pellet mill, flat conveyor, dll.

Proses pembuatan pelet kayu bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu proses kering dan basah. Proses kering yaitu dengan menggunakan bahan baku dikeringkan sampai kadar air maksimal 10% selanjutnya di press dengan tekanan tinggi dan dipanaskan pada suhu sekitar 120-1800 C. 

Sedangkan untuk proses basah menggunakan bahan baku dengan kadar air tinggi, ditambah tepung kanji dan air kemudian di press dengan tekanan tinggi, setelah itu baru dikeringkan.

Apa Saja Bahan Yang Terdapat Dalam Pelet Kayu?

Pelet kayu terbuat dari berbagai macam serbuk gergaji kayu, kayu keras dan kayu lunak. Adapun bahan kimia pelet kayu adalah selulosa, hemiselulosa, lignin dan ekstrak. Lignin bertindak sebagai pengikat antara selulosa. Karena itu, untuk membuat pelet kayu tidak perlu menambahkan pengikat kimia apapun.

Wood pellet atau bisa juga disebut dengan pelet kayu, jadi sudah pasti bahannya terbuat dari kayu. Akan tetapi bahan yang digunakan untuk wood pellet tidaklah sembarangan, tidak semua jenis kayu dapat digunakan untuk membuat bahan yang satu ini.

Bahan baku kayu yang dimaksud ialah kayu karet, kayu jati, dan kayu mahoni. Jenis kayu yang dimaksud ini memanglah cukup mudah untuk bisa ditemukan. Bukan dalam bentuk utuh, akan tetapi dalam bentuk serbuk kayu. Bahan yang satu ini, bisa ditemukan secara mudah di berbagai industri kayu, seperti pengrajin kayu, penggergajian kayu, dan yang lainnya.

Ada juga jenis kayu yang lainnya, yang nilai bahan bakunya terbaik, yaitu kayu kaliandra merah. Di Dalam kayu tersebut terdapat kalori sekitar 4600 kcal/kg, dengan energi thermal sekitar 5,35 kWh atau listrik sekitar 1.355 kWh dan bahan baku yang satu ini juga mudah ditanam, jika dibandingkan dengan bahan baku yang lainnya (ITPC Busan).

Kunjungi juga : 2 Bahan Perekat Pelet Kayu (Wood Pellet)

Komponen utama pelet kayu tidak termasuk pengikat dan aditif apapun, hanya saja bentuknya yang diubah oleh mesin pelet, itu proses fisik. Setelah pelet, kepadatan akan berubah menjadi 800-1300 kg/m3, yang akan memperpanjang waktu pembakaran. 

Sehingga wood pellet bisa menjadi bahan bakar yang lebih bersih dan ramah lingkungan dibandingkan dengan batu bara dan memiliki pasar yang semakin besar dalam konsumsi energi dunia.

Pustaka:

Indonesia Trade & Promotion Center. Pelet Kayu dan Kayu Indonesia. Wood & Pallet Chips. Korea Trade Promotion Corporation. Jakarta

close