Mengenal Wisata Pantai Parangtritis

Jika membahas kota Gudeg, Yogyakarta sudah pasti yang terbersit adalah keindahan pantai Parangtritis. Keindahan pantai ini sudah terkenal seantero Indonesia bahkan ke mancanegara. Pantai ini memiliki deburan ombak yang besar sehingga menarik untuk dikunjungi. 

Pantai yang sering disebut sebagai pantai selatan ini hampir tidak pernah sepi pengunjung terutama ketika liburan. Meski demikian para pengunjung tetap diminta untuk berwaspada. 

Dimana Letak Pantai Parangtritis? 

Pantai parangtritis merupakan tempat wisata yang terletak di sebuah Desa Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun jarak dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 27 km. 

Pantai parangtritis ini menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Yogyakarta dan telah menjadi ikon pariwisata di Yogyakarta.

Keindahan pantai parangtritis adalah wisata gumuk pasir yang memiliki daya tarik tersendiri. Pantai Parangtritis terletak di Kretek, Daerah Yogyakarta

Pantai parangtritis memiliki nilai simbolis yang merupakan garis yang bersifat magis yang menghubungkan Panggung Krapyak, Kraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta dan Gunung Merapi yang dikenal sebagai Garis Imajiner Yogyakarta.

Pantai parangtritis yang terletak di sisi timur pantai parangkusumo ini memiliki legenda yang melekat dengan Ratu Kidul sebagai penguasa laut selatan dan keindahannya. Pantai parangtritis merupakan pantai yang cukup luas di Yogyakarta, 

Hal ini tentu berbeda dengan pantai-pantai di kawasan Yogyakarta yang lainnya seperti pantai di Gunungkidul yang ukurannya rata-rata relatif kecil.

Tentang Pantai Parangtritis

Parangtritis adalah salah satu objek wisata yang terletak di Yogyakarta yang paling terkenal. Parangtritis memiliki pemandangan yang sangat unik yang tidak bisa ditemukan pada objek wisata lainnya yaitu gumuk pasir, gumuk pasir adalah gunung-gunung pasir di sekitar pantai. 

Gumuk tersebut dikatakan sebagai satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara. Disini, Anda akan bisa merasakan layaknya sedang berada di Afrika karena luasnya lautan pasir dan udaranya yang lebih panas dibanding daerah sekitarnya.

Kunjungi juga : Lokasi Desa Wisata Malasari

Selain itu pantai parangtritis juga pantai yang memiliki ombak yang sangat besar, sehingga pantai ini menjadi salah satu spot favorit wisatawan yang ingin berselancar. 

Pantai parangtritis merupakan pantai yang sangat indah. Yang mana pasir pantainya sangat lembut sehingga sangat cocok digunakan untuk bermain pasir dan berbaring menikmati sinar mentari pagi. Memiliki airnya yang sangat jernih pada sore hari Anda bisa menikmati sunset.

Dari atas bukit kecil yang ada di Pantai Parangtritis Anda juga bisa menikmati pemandangan sore hari yang disertai hembusan angin pantai yang menyejukkan. Momen sunset di Pantai Parangtritis disebut sebagai salah satu sunset pantai yang paling indah. 

Jadi, usahakan ke pantai tersebut agak sore sekitar jam 14.00-15.00 WIB. Pantai parangtritis juga sudah menyediakan motor ATV, kereta kuda dan kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat.

Objek wisata Parangtritis juga sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik. Mulai dari fasilitas penginapan hingga pasar yang menjajakan souvenir khas parangtritis. Pantai Parangtritis juga memiliki keindahan yang sangat memesona. 

Di sebelah kiri terlihat tebing yang sangat tinggi dan di sebelah kanan bisa melihat batu karang yang sangat besar. Seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai ini juga sangat bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh cantik.

Mengapa Pantai Parangtritis Selalu Menjadi Wisata Andalan Bagi Wisatawan Di Yogyakarta?

Pantai Parangtritis selalu menjadi andalan bagi wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta. Karena selain menjadi tempat wisata yang luas, disana juga terdapat wisata gumuk pasir yang memiliki daya tarik tersendiri. Kemudian juga masih satu kawasan dengan Pantai Depok yang terkenal dengan sebutan pusat kuliner ikan.

Kunjungi juga : Wisata Pantai Pandan Sibolga, Tapanuli Tengah

Disisi lain selain memiliki keindahan yang sangat banyak juga karena adanya kisah mistis yang beredar. Sebutan Parangtritis berasal dari seorang pelarian Majapahit, Dipokusumo, yang bersemedi di pantai ini. 

Jadi, ketika berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Parangtritis ini. Di sana Anda bisa menikmati wisata kuliner dan juga suasana yang tenang bersama keluarga, kerabat atau teman kerja.

close