Wisata Air Terjun Wera di Sulawesi Tengah

Wisata Air Tejun Wera merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi terutama bag wisatawan yang sangat hobi untuk menikmati pemandangan alam yang asri dan alami. Air Terjun Wera mengalir deras dari balik gunung yang dikelilingi dengan hutan yang masih alami sehingga membuat tempat ini sangat sempurna untuk dijelajahi dan dinikmati keindahannya.

Wisata Air Terjun Wera sangat indah dan menakjubkan sehingga wisatawan yang berkunjung ke tempat itu tidak hanya wisatawan lokal, namun juga menarik perhatian wisatawan mancanegara dari berbagai benua Asia, Australia, Amerika dan Eropa.

Air Terjun Wera adalah objek wisata air terjun di Sulawesi Tengah yang mengaliri Sungai Wera. Tempat ini terletak di Desa Balumpewa, Kecamatan Dolo.

1. Lokasi Wisata Air Terjun Wera

Wisata Air Terjun Wera adalah salah satu wisata alam yang memiliki daya tarik tersendiri di provinsi Sulawesi Tengah. Pada dasarnya air terjun yang satu ini terletak di dalam kawasan hutan lindung sehingga kelestarian dan keasriannya dijamin masih 100% alami. Kawasan Air Terjun Wera tepatnya berada di lereng gunung Gunung Watusidae.

Untuk mengunjungi tempat ini sangatlah mudah dan juga tidak terlalu jauh dari pusat kota. Tempat wisata ini berjarak kurang lebih 20-30 kilometer dali Kota Palu tepatnya di Desa Balumpewa, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Mengunjungi tempat ini dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat yang perjalanannya memakan waktu kira-kira 30 menit dari Kota Palu.

Kunjungi juga : Wisata Air Terjun Humogo di Pulau Nias

Untuk melihat keasrian wisata air terjun ini tentunya tidak asyik tanpa adanya tantangan tersendiri. Bagaimana tidak, setelah sampai pada lokasi wisata, pengunjung masih harus melakukan perjalanan dengan kaki untuk mencapi titik lokasi air terjun. Perjalanan inilah yang membuat tempat wisata ini memiliki tantangan. Namun, sayangnya lokasi ini diajurkan untuk tidak dikunjungi pada saat musim hujan karena jalannya yang menanjak dan bebatuan serta aliran airnya yang semakin deras sehingga jalan menjadi licin.

2. Daya Tarik Wisata Air Terjun Wera

Daya tarik Wisata Air Terjun Wera sangatlah beragam. Hal ini dikarenakan aliran air terjun yang sangat deras dengan diamter yang cukup luas dan besar mengalir dari balik penggunungan membelah hutan lindung dengan aliran sungai di sepanjang perjalanan.

Berada di kawasan Wisata Air Terjun Wera dengan luas kurang lebih 250 hektar akan disungguhi dengan pemnadangan yang dikelilingi perbukitan hutan lindung dan dekat dengan lembah Sungai Wera yang merupakan sungai utama dengan jeram kedalaman berkisar 8 meter dan lebar berkisar 3 meter. Menjadikan tempat ini begitu unik dan menarik, memiliki sisi eksotis, menantang, serta masih benar-benar alami sehingga menjadiknnya tempat wisata berbeda dengan wisata air terjun lainnya.

Tidak hanya air terjunnya saja yang indah, bahkan semenjak memasuki kawasan Wisata Air Terjun Wera sudah disuguhi dengan kecantikan alamnya. Mulai hutan hingga satwa yang berada di dalamnya. Berikut ini adalah daya tarik yang dimiliki yang akan membuat pengunjung menikmatinya adalah dengan spot foto yang beremakan alam yang asri, pemandangan hutan yang alami, dan juga sensasi air terjun wera sendiri.

3. Fasilitas di Kawasan Air Terjun Wera

Di sekitar kawasan Air Terjun Wera hingga saat ini masih belum tersedia Rumah Makan ataupun kamar madi atau kamar ganti yang cukup memadai sehingga pengunjung perlu mempersiapkan diri sebelum mengeksplor lokasi Air Terjun Wera ini. Selain itu, di lokasi ini tidak tersedia tempat pembuangan sampah sehingga disarankan kepada pengunjung untuk membawa tempat sampa sendiri berupa kantongan plastik atau lainnya. Selain itu, pengunjung juga harus mempersiapkan bekal logistik untuk dikonsumsi di kawasan wisata

Kunjungi juga : Wisata Pantai Tureloto di Pulau Nias

Tempat Wisata Air Terjun Wera pada awal dibukanya tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya perlu membayar parkir sebesar Rp 5.000/motor dan Rp10.000/mobil. Namun, seiring banyaknya wisatawan yang datang sehingga pengelola memberlakukan tiket masuk sebesar Rp10.000/orang.

close